Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Warga sedang antre membayar pajak di Kantor Badan Pendapatan Asli Daerah Kota Jayapura. - Jubi/Ramah

Bapenda minta warga manfaatkan layanan online guna cegah Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Kota Jayapura, Ali Mas’udi mengimbau masyarakat yang membutuhkan pelayanan pajak dan retribusi agar memanfaatkan pelayanan online supaya mengindari paparan Covid-19.

“Angka pasien Covid masih terus terjadi. Ini demi kesehatan kita semua,” ujar Ali di Kantor Badan Pendapatan Asli Daerah, Rabu (13/1/2021).

Menurut Ali, dengan memanfaatkan pelayanan berbasis online dalam rangka mengoptimalkan berbagai pelayanan publik yang ada di Kota Jayapura.

“Selain menghemat biaya dan waktu tempuh dari rumah menuju lokasi pengurusan, langkah ini juga dapat meminimalisir kontak atau hubungan langsung untuk mencegah penyebaran Covid di perkantoran,” ujar Ali.

Menurutnya, kantor Bapenda sendiri sudah menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh wajib pajak yang datang melakukan pengurusan pajak dan retribusi, seperti mengimbau untuk memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta screening suhu tubuh sebelum masuk kantor.

“Layanan perpajakan dan retribusi daerah sudah tersedia melalui online sistem dan layanan online ini sudah dimanfaatkan manyarakat,” ujar Ali.

Loading...
;

Dijelaskan Ali, jenis-jenis penerimaan retribusi dibagi tiga, yaitu jasa usaha, jasa umum, dan perizinan tertentu. Sedangkan pajak baru 10 komponen yang dilakukan pemungutan di antaranya pajak daerah di sektor hotel, restoran, PBB, BPHTB, penerangan jalan umum, tempat hiburan, reklame.

“Yang paling dominan adalah Pendapatan Asli Daerah diperoleh dari pajak daerah sebesar Rp 183 miliar atau 83 persen dari target, sedangkan lainnya diperoleh dari retribusi,” ujar Ali.

Dari pajak tersebut, lanjut Ali, ada 11 jenis yang dipungut, namun baru 10 dioptimalkan. Dari 10 jenis pemungutan pajak ini yang paling primadona adalah pajak restoran yang ditargetkan Rp 46 miliar, pajak hotel Rp 31 miliar, PBHTB, PBB, dan reklame.

“Kalau ke kantor pastinya warga harus antre, kalau dilakukan pengurusan secara online. Setelah berkas dikirim semua, ada pemberitahuan berkas sudah jadi, tinggal datang ke kantor tanpa harus berlama-lama menunggu lagi di kantor,” ujar Ali.

Salah satu warga bernama Andre, mengaku harus mengurus pembayaran retribusi usaha di kantor sebab harus berkonsultasi lebih jelas terkait usaha baru yang akan dibukanya.

“Saya sudah manfaatkan pelayanan secara online, dan memang sangat memudahkan kami membayar retribusi. Apalagi masih pandemi ini, ditambah dengan kesibukan saya maka pelayanan online menjadi pilihan terbaik,” ujar Andre.

Andre mengaku tidak ada kendala selama melakukan pelayanan retribusi secara online, sebab semua komponen dan jenis-jenis pajak dan retribusi sudah dijelaskan dengan baik, sehingga tidak menyulitkannya untuk mengakses layanan online dari Bapenda Kota Jayapura. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top