HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bapenda tidak lagi urusi izin usaha

Ilustrasi pengurusan izin – Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi –  Badan Pendapatan Daerah Nabire tidak lagi mengurusi pengajuan dan perpanjangan surat izin tempat usaha atau SITU. Ketentuan tersebut berlaku mulai bulan depan.

“Kami kembali kepada tugas pokok dan fungsi Bapenda, yakni mengurusi (pembayaran) pajak (daerah). Segala bentuk urusan perizinan menjadi tanggung jawab Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Nabire,” kata Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Nabire Fatmawati kepada Jubi melalui telepon, Senin (23/3/2020).

Fatmawati mengatakan DPMPTSP memiliki aplikasi yang terkoneksi secara daring dengan Bapenda. Sistem tersebut memudahkan pengawasan terhadap pembayaran pajak daerah oleh pemilik usaha maupun pemasang reklame.

“Mereka (DPMPTSP) bisa melihat data di Bapenda. Apakah (pemasangan) reklame berizin atau tidak, dan ada penomoran (objek pajak) atau tidak. Namun, selama ini (sistem itu) belum diterapkan,” jelas Fatmawati.

Dia melanjutkan pemasang reklame harus mengurus izin terlebih dahulu ke DPMPTSP. Setelah diverifikasi lapangan, baru diterbitkan kode pembayaran pajaknya.

“Setelah itu, pelaku usaha (pemasang reklame) membayarkan pajaknya di Bapenda. Bapenda juga mengecek kepemilikan NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah), serta memastikan ada dan tidaknya tunggakan pajak (yang harus dilunasi),” kata Fatmawati.

Loading...
;

Berdasarkan ketentuan terbaru, SITU hanya diurus sekali, dan penggunaannya berlaku selama usaha tersebut tetap beroperasi. Pengusaha hanya wajib melaporkan kegiatan usahanya di DPMPTSP setempat, dan melunasi pajak setiap tahun.

“Kami tidak perlu repot lagi memperpanjang SITU setiap tahun. (Ketentuan) ini lebih menggampangkan (urusan) kami,” kata Sri Wahyuni, pengusaha katering di Nabire. (*)

Editor: Aries Munandar

Baca juga  Dewan adat minta presiden resmikan kampung wisata

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa