Bappeda dan Litbangda Dogiyai melaksanakan monitoring dan evaluasi

Plt Kepala Bappeda dan Litbangda Dogiyai, Yakobus Dogomo, didampingi dua kabid memberikan penjelasan kepada dua pimpinan OPD. - Ones untuk Jubi

Papua No.1 News Portal | Jubi

Dogiyai, Jubi – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bappeda dan Litbangda) Kabupaten Dogiyai, menggelar monitoring dan evaluasi (monev) meja III dan IV atas APBD Kabupaten Dogiyai tahun anggaran 2020 di aula Koteka Moge Mowanemani, pada Senin (14/12/2020).

Plt Kepala Bappeda dan Litbangda Dogiyai, Yakobus Dogomo, mengatakan monev meja dan lapangan merupakan forum yang sangat penting, untuk mengevaluasi dan mengendalikan pembangunan daerah oleh OPD agar pembangunan dapat dilaksanakan tepat sasaran dan indikator pembangunan sesuai RPJMD tercapai.

“Ini kami memonitor dan evaluasi jalannya pembangunan setiap triwulan baik realisasi fisik maupun keuangan agak pembangunan bisa berjalan sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, hal ini sesuai dengan amanat UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah diubah dengan UU No. 23 Tahun 23 dan UU No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional,” ujarnya, ketika dikonfirmasi Jubi, Kamis (17/12/2020).

Menurut dia, monev meja dapat dilakukan dua kali dalam satu tahun yakni semester pertama dan semester kedua dan ada dua bentuk monev meja yakni monitoring meja dan monitoring lapangan. Tujuannya agar pembangunan dapat dilaksanakan sesuai RKPD Kabupaten Dogiyai Tahun Anggaran 2020.

“Monev meja bukan ajang untuk memvonis para OPD tetapi sebagai forum yang disiapkan Bappeda untuk berdiskusi bersama OPD tentang progres dari kegiatan atau pun kendala-kendala yang dihadapi dalam pembangunan, agar bisa mencari solusi bersama demi suksesnya kegiatan yang tertuang di dalam DPA Tahun 2020,” ujarnya.

Ia mengharapkan semua OPD dapat berpartisipasi dengan serius supaya kegiatan yang belum tuntas bisa dituntaskan. “Oleh karena itu, Bappeda siap membuka diri menjalin komunikasi dan diskusi mencari solusi bersama atas kendala pembangunan yang dihadapi, supaya pembangunan berjalan dengan baik dan sukses.”

Loading...
;

Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan, Nason Pigai, menyampaikan dukungan kegiatan monev meja dan lapangan guna mendiskusikan kondisi sebenarnya yang terjadi dalam pembangunan fisik, guna memastikan kegiatan berjalan sesuai RKPD.

“Tentunya dengan kegiatan inilah sekaligus untuk memantau proses pembangunan selama setahun ini. Apakah dapat dilaksanakan sesuai rencana pembangunan atau dalam pelaksanaannya tidak sesuai harapan, karena hasil dari monev meja ini, dokumen monitoring dan evaluasi akan dilaporkan ke provinsi dan pemerintah pusat untuk menjadi bahan penilaian dalam transfer dana pusat ke daerah. Karena transferan dana pusat tersebut mau ditransfer cepat dan tidak tergantung dari laporan hasil kegiatan ini,” katanya.

Pihaknya meminta semua pimpinan OPD wajib memberitahukan kendala apa saja yang dihadapi dalam realisasi fisik dan keuangan, agar bisa dicarikan solusi bersama Bappeda, supaya pelaksanaan kegiatan tahun ini berjalan sukses.

“Apabila ada kendala segera koordinasi dengan kepala daerah supaya tidak terjadi SILPA tanpa alasan yang jelas,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top