Follow our news chanel

Bappeda Papua miliki data keberhasilan daerah dalam pembangunan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua mengklaim sudah memiliki data terkait 29 kabupaten/kota yang berhasil dalam penggunaan dana otonomi khusus 80 persen.

Kepala Bappeda Papua Muhammad Musa'ad, mengatakan di 2017 pihaknya sudah melakukan survei dengan melibatkan Universitas Cenderawasih.

"Kami sudah miliki data dan dokumen daerah mana saja yang berhasil, ini akan jadi dasar ke depan," kata Musa'ad kepada wartawan, di Jayapura kemarin.

Menurut ia, setiap dua tahun pemerintah akan menyampaikan daerah mana saja yang berhasil dalam pelaksanaan pembangunan, yang mana 2017 sudah pernah dilakukan. Sedangkan untuk 2017-2018 akan disampaikan pada saar Musrembang 2019.

"Musrembang nanti dilaksanakan kemungkinan usai pelaksanaan Pemilu 2019," ujarnya.

Bupati Mamberamo Tengah Ham Pagawak meminta pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini Gubernur Lukas Enembe untuk tidak mengurangi besaran dana otonomi khusus yang diberikan bagi kabupaten/kota.

Loading...
;

Justru dirinya mengusulkan agar Bappeda dan Badan Keuangan membentuk tim untuk turun ke kabupaten/kota guna memastikan apakah dana Otsus 80 persen yang diberikan digunakan secara baik atau tidak, karena tidak semua daerah menggunakan dana itu seperti yang diharapkan pemerintah.

"Jadi ada baiknya bikin survei dulu daerah mana yang tidak menggunakan dana Otsus secara baik, dari situ baru tentukan besaran untuk masing-masing daerah," kata Pagawak.

Selain peruntukan, ujar ia, keberhasilan dari penggunaan dana Otsus juga harus jadi bahan evaluasi pemerintah untuk berikan besaran dana tahun ini.

"Masa daerah yang tidak tepat gunakan dana itu dikasih terus, ini harus dilihat baik oleh pemerintah provinsi," ujarnya. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top