Follow our news chanel

Baru sepekan ditanam, lahan padi terendam banjir

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Sebagian besar areal persawahan petani di SP-4, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, terendam banjir selama sepekan terakhir. Akibatnya, padi yang baru ditanam, dipastikan tak akan tumbuh lantaran akarnya membusuk.

Seorang petani di SP 4, Distrik Tanah Miring, Jaya Ali, kepada Jubi, Rabu (23/1/2019), mengatakan dirinya mempunyai lahan seluas dua hektar yang terendam banjir. Itu belum tahu dengan petani lain.

“Kami tak bisa berbuat apa-apa karena areal persawahan yang telah ditanami padi seminggu lalu, terendam banjir. Bisa dipastikan tanaman padi akan mati,” ungkapnya.

Dikatakan, dalam seminggu terakhir, curah hujan sangat tinggi dan  pintu air tak mampu menampung debit air yang ada, sehingga meluap hingga ke areal persawahan milik petani.

Dengan kondisi demikian, jelas dia, petani tak mampu berbuat banyak.

“Ya, seperti saya begini. Memang bisa tanam kembali, namun harus mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit,” katanya.

Loading...
;

Biasanya, lanjut Ali, untuk satu hektar, uang  dikeluarkan sekitar Rp 2 juta. Itu untuk biaya tenaga mencabut benih maupun yang akan menanam. Belum lagi kebutuhan makan-minum maupun rokok.

“Itu untuk satu hektar. Kalau petani membuka dalam skala luas, tentunya modal juga besar dikeluarkan,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya hanya bisa pasrah dengan kondisi yang sedang dialaminya.

“Saya sudah tak punya modal lagi menyewa orang menanam kembali,” katanya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa, yang dimintai komentarnya, mengatakan pihaknya juga mendapatkan informasi dari petani kalau lahan mereka telah terendam banjir.

“Saya berharap agar Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan segera menyikapi keluhan petani tersebut. Karena dipastikan padi yang terendam banjir akan mati,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top