Baru terpilih jadi anggota parlemen, warga Myanmar ini ditembak

papua
Ilustrasi pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Seorang anggota parlemen Myanmar yang baru terpilih dalam pemilu 8 November 2020, tewas ditembak pada Sabtu, (21/11/2020). Pelaku penembakan masih belum diketahui dan otoritas di desak untuk segera melakukan investigasi.

Anggota parlemen yang tewas itu adalah Htike Zaw, yang berasal dari Partai Liga Nasional Demokrasi (NLD), partai yang berkuasa di Myanmar. Penembakan terjadi di wilayah utara negara bagian Shan.

Juru bicara Partai NLD Myo Nyunt menceritakan Zaw ditembak saat sedang berada di sebuah toko milikinya yang lokasinya menempel dengan rumahnya.

“Dia keluar rumah untuk menyapa kustomer yang hendak membeli, namun orang yang dikira kustomer itu malah melepaskan tembakan ke arahnya,” kata Myo Nyunt.

Baca juga :

Anggota Parlemen perempuan Fiji diserang lewat media sosial

Loading...
;

Mosi untuk tangguhkan mantan PM Vanuatu dari parlemen ditolak

Kubu Oposisi Vanuatu sarankan pemotongan upah pemerintah dan parlemen

Ia mengecam kekerasan itu, khususnya kekerasan yang terkait dengan politik yang berdampak buruk ke depannya. Kepolisian belum memberikan respon atas hal ini.

Partai NLD untuk kedua kalinya memenangkan pemilu Myanmar setelah separuh abad negara itu dikuasai militer. Partai NLD dipimpin oleh peraih nobel bidang perdamaian 1991, Aung San Suu Kyi.

Jumlah suara yang dimenangkan Partai NLD sebenarnya turun dibanding pemilu sebelumnya, termasuk di negara bagian Shan.

Wilayah Shan disebut sarang pemberontak dan tempat memproduksi narkoba. Pemilu di beberapa konstituen di negara bagian Shan bahkan dibatalkan sebelum hari H pencoblosan dengan alasan kekerasan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top