Batalkan SK KPU, MK perintahkan PSU di seluruh TPS Kabupaten Kep. Yapen

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi  – Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, Nomor 26/Kota/KPUKab/030.434110/Tahun 2017. Keputusan ini terkait penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen  pada 27 Maret 2017.

Ketua MK Arief Hidayat mengatakan majelis hakim menerima sebagian permohonan gugatan oleh pasangan calon Melkianus Laviono Doom dan Saul Ayaomi. Ia juga menilai putusan KPU Kabupaten Kepulauan Yapen cacat hukum. MK pun memerintahkan pemungutan suara ulang di 264 TPS  seluruh distrik Kabupaten Kepulauan Yapen.

"Menyatakan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen sebagaimana termuat dalam keputusan KPU Kabupaten Kepulauan Yapen adalah cacat hukum," kata Arief di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu, 26 April 2017.

Arief pun memerintahkan KPU Provinsi Papua melaksanakan pemungutan suara ulang di seluruh TPS di seluruh distrik di kabupaten Yapen. Pelaksanaannya dilakukan berdasarkan supervisi KPU RI dan Bawaslu RI. "Dengan mengikutsertakan semua pasangan calon," kata dia.

Hakim Konstitusi I Gede Dewa Palguna menambahkan MK memberikan waktu 60 hari kerja untuk pemungutan suara ulang di Kabupaten Kepulauan Yapen.

"Mempertimbangkan kesulitan, jangka waktu, kemampuan KPU dan aparat peneyelanggara," kata Palguna.

Loading...
;

Palguna memerintahkan Kepolisian untuk mengamankan proses pemilihan suara. Perkara 51/PHP.BUP-XV/2017 diajukan calon bupati Melkianus Laviano Doom dan Saul Ayaomi terkait kecurangan dalam pemungutan dan penghitungan suara di Distrik Anatourei TPS 3 Kampung Anatourei. Pengajuan perkara ini bersamaan dengan perkara 52/PHP.BUP-XV/2017 dan 53/PHP.BUP-XV/2017 atas tuduhan pelanggaran administrasi. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top