Follow our news chanel

Previous
Next

Bawang putih turun harga tapi pembeli sepi di Pasar Hamadi

Seorang pedagang di Pasar Hamadi sedang menimbang bawang putih. - Jubi/Ramah
Bawang putih turun harga tapi pembeli sepi di Pasar Hamadi 1 i Papua
Seorang pedagang di Pasar Hamadi sedang menimbang bawang putih. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sepekan lalu baik distributor dan pedagang sama-sama menjual bawang putih di harga berkisar Rp 60 ribu per kilogram. Pantauan Jubi, Rabu (11/3/2020), bawang putih sudah mengalami penurunan harga, namun hal tersebut tidak diimbangi meningkatnya pembeli.
“Sekarang harga bawang putih sudah dijual Rp 50 ribu sampai Rp 55 ribu satu kilogram. Sudah satu minggu turun tapi pembeli sepi,” ujar salah satu penjual komoditas pertanian di Pasar Hamadi, La Rudi, Rabu (11/3/2020).
Diakui La Rudi, penjual bawang putih sepi peminat meski harganya sudah turun, ditambah lagi penjual bawang putih sudah mulai banyak. “Satu hari saya hanya bisa jual delapan kilo kalau lagi murah, tapi kalau lagi mahal bisa 50 kilo karena yang jual bawang sepi.”
Pedagang lainnya, Fatimah, mengaku merasakan dampak dari sepinya pembeli dengan adanya penurunan penjualan. Bila dalam sehari ia bisa menjual 50 sampai 100 kilogram bawang putih, kini hanya bisa menjual 20 kilogram.
“Pembelinya dari warung makan dan penjual kaki lima begitu. Kalau pasar sepi begini kami harus keluar modal banyak, apalagi bawang yang saya ambil ini sistemnya langsung bayar,” jelas Marni.
Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, memastikan stok bawang putih tetap aman meski harga jualnya mencapai Rp 60 per kilogram.
“Masyarakat tidak perlu khawatir walaupun harga bawang putih di angka Rp 60 ribu per kilogram, namun tetap stabil karena stoknya banyak,” jelas Awi. (*)
Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top