HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bawaslu adukan dugaan pelanggaran etik Wahyu Setiawan

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) - Antara/Dyah Dwi Astuti.
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) – Antara/Dyah Dwi Astuti.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi โ€“ Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengadukan dugaan pelanggaran etik oleh Wahyu Setiawan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Aduan itu menyusul penetapan Wahyu sebagai tersangka suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Bawaslu mengadukan WS (Wahyu Setiawan) kepada DKPP dengan gugatan pelanggaran kode etik, yakni melanggar sumpah janji. Aduan akan disampaikan pada sore ini agar segera diregistrasi dan disidangkan,โ€ kata Ketua Bawaslu Abhan, Jumat (10/1/2020).

Pengaduan dugaan pelanggaran etik terhadap anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut diputuskan dalam rapat pleno Bawaslu. Mereka berharap sidang etik DKPP memperjelas kepastian hukum keanggotaan Wahyu di KPU.

โ€œRapat pleno menyimpulkan terdapat dugaan pelanggaran etik. Kami siapkan berkas aduannya untuk disampaikan kepada Sekretariat DKPP, sore ini,” kata anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo.

Bawaslu menegaskan tidak akan mencampuri dugaan tindak pidana yang dilakukan Wahyu karena merupakan ranah KPK. Pelaporan kepada DKPP terkait pelanggaran etik semata.

Wahyu telah menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota KPU. Namun, KPU belum menerima surat resmi pengunduran diri tersebut.

Loading...
;

“Belum (ada pengajuan resmi pengunduran diri). Kami tahunya dari media bahwa ada tulisan tangan Pak Wahyu, yang salah satunya (menyatakan) segera mengundurkan diri,” kata anggota KPU Viryan Aziz. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa