Follow our news chanel

Previous
Next

Bawaslu gelar lomba menulis opini bagi pelajar dan masyarakat Kota Jayapura

Ilustrasi lomba menulis. -Tempo.co
Bawaslu gelar lomba menulis opini bagi pelajar dan masyarakat Kota Jayapura 1 i Papua
Ilustrasi lomba menulis. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jayapura menjaring ide-ide brilian masyarakat Kota Jayapura dengan menggelar lomba penulisan opini.

Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Hardin Halidin mengatakan, lomba tersebut digelar dalam rangka hari ulang tahun ke-12 Bawaslu, 9 April 2020.

“Lomba ini dimaksudkan untuk mendapatkan gagasan dan masukan dari kalangan masyarakat secara umum untuk mengembangkan demokrasi di Papua, khususnya di Kota Jayapura. Gagasan ini akan menjadi pilihan-pilihan untuk semua stakeholder dalam mengembangkan demokrasi di Kota Jayapura,” kata Hardin Halidin kepada Jubi, Rabu (19/2/2020).

Menurut dia, lomba ini juga dimaksud untuk memperkaya literasi tentang demokrasi di Tanah Papua, khususnya Kota Jayapura

“Selama ini publik Kota Jayapura hanya disuguhi literasi di bidang politik dan demokrasi yang bersifat nasional,” katanya.

Dia mengatakan, tujuan lain lomba ini adalah untuk menumbuhkan penulis-penulis andal di Kota Jayapura, sekaligus menjadi ruang untuk menyalurkan ide atau pendapat dan inisiatif masyarakat, mahasiswa dan pelajar dalam mengembangkan demokrasi.

Loading...
;

Lanjutnya, ada tiga pilihan tema opini yang dapat dijadikan acuan oleh peserta lomba, yakni, menggagas pembangunan demokrasi di Kota Jayapura, pemilih pemula dan pembangunan demokrasi di Kota Jayapura, dan merangkul kelompok marginal, dan menguatkan partisipasi politik.

Tujuan pelaksanaan lomba dan pilihan tema penulisan opini juga didasarkan pada pemenuhan salah satu misi pemerintah Kota Jayapura, yakni penegakkan supremasi hukum dan peningkatan kualitas demokrasi.

Untuk menyukseskan pelaksanaan lomba ini, Bawaslu Kota Jayapura telah menyiapkan empat dewan juri dari kalangan akademisi, jurnalis, penggiat literasi, dan Bawaslu Kota Jayapura.

Namun, dia tak memastikan hadiah lomba bagi pemenang, sebab masih didiskusikan, mengingat awalnya pemenang disepakati akan diberikan hadiah Rp 1,5 juta untuk juara 1, Rp 1 juta untuk juara 2, dan Rp 700 ribu untuk juara 3.

“Tenggat waktu sampai 30 Maret 2020,” katanya.

Pengkaji bahasa dan sastra di Balai Bahasa Papua, Ummu Fatimah Ria Lestari mengapresiasi adanya pelaksanaan lomba ini, karena lebih banyak pihak yang menggerakkan literasi di Kota Jayapura.

Menurut dia, lomba tersebut lebih baik untuk perkembangan dunia literasi di Kota Jayapura. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top