Bawaslu Merauke copot baleho yang langgar ketentuan

Papua
Penurunan salah satu baleho calon kepala daerah yang melanggar ketentuan kampanye di Merauke, Selasa (24/11/2020) - Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Badan Pengawas Pemilihan Umum Merauke menurunkan sejumlah baleho kampanye calon kepala daerah setempat. Mereka melibatkan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja untuk menegakkan aturan kampanye pilkada tersebut.

“KPU (Komisi Pemilihan Umum) Merauke melarang pasangan calon menyertakan (profil) tokoh pada baleho. Kami sudah menegur, tetapi tidak digubris,” kata anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Merauke Agustinus Mahuze, Selasa (24/11/2020).

Petugas merazia baleho di lima lokasi di Kota Merauke. Mereka juga menurunkan baleho yang dipasang pada zona yang dilarang berdasarkan aturan kampanye.

“Ada satu pasangan calon kepala daerah memasang baleho dengan menyertakan (memajang profil) tokoh sehingga diturunkan. Kami juga menemukan pemasangan baleho yang menyalahi aturan karena dipasang pada zona terlarang (steril dari kampanye),” jelas Mahuze.

Bawaslu  menurunkan paksa baleho-baleho tersebut karena mereka menilai tidak ada niat baik dari tim kampanye calon kepala daerah yang bersangkutan. Permohonan resmi yang meminta tim calon kepala daerah menurunkan sendiri baleho yang melanggar aturan kampanye tidak digubris.

“Kami telah meminta tim kampanye calon kepala daerah agar menurunkan baleho tersebut, tetapi tidak direspon. Karena itu, kami bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja Merauke menurunkan baleho di sejumlah lokasi,”  kata Ketua Bawaslu Merauke Oktovina Amtop.

Pemilihan Kepala Daerah 2020 digelar serentak di sejumlah daerah di Indonesia pada 9 Desember. Di Merauke, ada tiga pasang kandidat bertarung memperebutkan suara pada pilkada kali ini. Mereka ialah Hendrikus Mahuze dan Edi Santosa, Heribertus Silubun dan Bambang Setiadji, serta Romanus Mbaraka dan Riduwan. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top