Follow our news chanel

Previous
Next

Bawaslu sebut hampir semua Paslon Pilkada di daerah melanggar protokol kesehatan

Pilkada Serentak 2020 Papua
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. - sumbar.kpu.go.id

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi Badan Pengawas Pemilu mencatat pelanggaran protokol pencegahan Covid-19 oleh bakal pasangan calon terjadi di hampir seluruh daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2020. Pelanggaran terjadi di 243 daerah penyelenggara saat masa pendaftaran pada 4 hingga 6 September.

“Pelanggaran terjadi di 243 dari 270 daerah. Jumlah bapaslon yang melanggar ada 316,” kata anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Senin (7/9/2020).

Baca juga : Manokwari jadi daerah level tertinggi kerawanan Pemilu 2020 

Bawaslu Papua Barat sosialisasi aturan pengawas Pilkada 

Polda Papua analisis daerah rawan saat Pemilukada serentak

Fritz merinci 141 pelanggaran terjadi pada hari pertama, Jumat (4/9/2020). Sementara 102 pelanggaran lainnya terjadi jelang penutupan pada Minggu (6/9/2020).

Loading...
;

Meski hampir separuh dari total bapaslon melakukan pelanggaran protokol Covid-19, Bawaslu tak bisa menindak. Fritz menyebut Bawaslu baru bisa turun tangan jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan calon pada Rabu (23/9).

Ia berharap pemerintah dan aparat penegak hukum turun tangan terhadap pelanggaran ini sehingga Pilkada bisa tetap berlangsung di masa pandemi.

“Ini tugas KPU/Bawaslu, tapi ketegasan kepolisian, TNI, Satpol PP, Kemendagri, dan Satgas Covid-19 melaksanakan Pilkada tahun 2020,” kata Fritz menjelaskan.

Tercatat pendaftaran Paslon Pilkada Serentak 2020 diwarnai aksi arak-arakan masa. Kejadian ini mengundang kritik dari berbagai kalangan masyarakat karena terjadi di masa pandemi.

Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti, mengatakan KPU, Bawaslu dan Gugus Tugas tidak perlu ragu-ragu untuk menghentikan pendaftaran jika memang protokol Covid-19 diabaikan.

“Pilkada ini penting, tapi menjaga kesehatan masyarakat tak kalah pentingnya,” kata Ray. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top