HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bawaslu Sulteng siap pidanakan masyarakat terlibat politik uang

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Palu, Jubi – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah Ruslan Husein menegaskan masyarakat yang terlibat dalam praktik politik uang pada Pemilu 2019 bisa dipidana. Meski Bawaslu dan Sentral Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) memilah, melihat, dan membedakan terkait dengan pelanggaran politik uang, dengan melakukan pendalaman lebih jauh kepada pihak yang terlibat.

"Aturannya sangat tegas, pemberi maupun penerima diancam dengan sanksi pidana,"kata Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husein di Palu, Minggu, (9/12/2018).

Bawaslu Sulteng siap pidanakan masyarakat terlibat politik uang 1 i Papua

Menurut Ruslan  lembaganya akan melakukan pendalaman apakah yang menerima juga merupakan orang yang melakukan, Membantu melakukan atau turut serta dan hanya sebagai korban. Pendalaman itu bagi Bawaslu penting. Oleh karena itu Bawaslu membutuhkan pengawasan partisipatif dari masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Masyarakat diminta secara aktif melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran. Di lain pihak, mereka bisa juga memberi informasi awal jika ada potensi pelanggaran atau telah terjadi pelanggaran.

“Bisa juga memberi informasi atau laporan secara tertulis kepada Bawaslu dan jajarannya,"  ujar Ruslan menjelaskan.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tadulako Palu Dr. Irwan Waris mengatakan, bahaya politik uang seperti hantu, bahkan bisa lebih hebat dari hantu. "Saya tidak pernah melihat hantu, cuman mendengarnya. Tidak sering kali melihat praktik politik uang, cuman mendengarnya dan sulit dibuktikan," kata Irwan Waris.

Loading...
;

Hasil penelitian yang ia lakukan terhadap praktik dan bahaya politik uang selama 2 tahun pada 2016 dan tahun 2017 di tiga daerah sebagai sampel dalam penelitiannya, yaitu Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong menunjukkan masyarakat cenderung bersikap permisif terhadap kegiatan atau praktik uang dalam Pemilu, bahkan ada anggapan praktik politik uang merupakan sesuatu yang lumrah.

"Ada kebiasaan di tengah masyarakat bahwa ketika ada politikus yang datang, terus tidak membawa atau memberi sesuatu, mereka menganggap tidak biasa, bahkan mereka anggap pelit," kata Irwan. (*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa