Follow our news chanel

Previous
Next

Baznas Papua siapkan Rp4,5 miliar untuk penyaluran zakat

Warga saat mengambil bantuan yang diberikan Baznas Papua - Jubi/Ramah
Baznas Papua siapkan Rp4,5 miliar untuk penyaluran zakat 1 i Papua
Warga saat mengambil bantuan yang diberikan Baznas Papua – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Papua akan menyalurkan Rp4,5 miliar untuk penyaluran zakat tahun 2020.

Ketua Baznas Papua, Merza Edy Nadzari, mengatakan serapan dari anggaran itu diperuntukkan lima program Baznas Papua, yaitu program ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah, dan kemanusiaan.

Bidang kesehatan, sedang dalam proses pendirian rumah sakit gratis, yang serapannya anggarannya dinilai cukup besar karena seluruh layanan di sana (rumah sakit) untuk masyarakat tidak mampu akan dilayani secara cuma-cuma.

Selain kesehatan, serapan anggaran Rp4,5 miliar itu akan dialokasikan di bidang pendidikan melalui program mahasiswa binaan Baznas Papua dari berbagai perguruan tinggi di Papua. Seluruh biaya pendidikannya menjadi tanggung jawab Baznas Papua, dengan syarat-syarat tertentu, yang dimulai dari semester I sampai lulus.

Program ekonomi, Baznas Papua membuka komunitas sendiri (diluar kerjasama dengan komunitas) dengan memberdayakan masyarakat kampung. Kafalah para ustadz (delapan ustadz), dan pengobatan gratis yang dilakukan sebulan sekali serta tanggap bencana.

“Kami berharap ke depan penyaluran dana zakat ini tidak hanya secara konsumtif tapi lebih berpengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat. Ini sudah kami upayakan,” jelas Merza.

Loading...
;

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Papua, M.B. Setiyo Wahyudi, mengatakan penyerahan bantuan tersebut sesuai visi gubernur Papua, yaitu Papua bangkit, mandiri, sejahtera yang berkeadilan.

“Harapannya, tidak hanya di Kota Jayapura tapi juga di kabupaten agar ada pemerataan. Tidak hanya untuk umat Islam tapi juga umat lainnya,” ujar Setiyo, di Aula LPTQ Papua, Jumat (21/2/2020).

Menurut Setiyo, program pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi dari Baznas Papua sudah membantu program Pemerintah Papua untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kegiatan yang bersifat sosial ini perlu dukungan dari semua pihak. Kami berharap seluruh program dan kegiatan Baznas dilanjutkan karena masih banyak masyarakat yang perlu mendapatkan bantuan,” jelas Setiyo. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top