Follow our news chanel

BBKSDA pasang perangkap beruang penyerang petani

BBKSDA pasang perangkap beruang penyerang petani 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Sebelumnya, petani karet bernama Capri Lubis luka-luka akibat diserang beruang liar saat menyadap karet di kebunnya di Desa Sungai Salak, Kecamatan Rambah Samo,

Papua No. 1 News Portal | Jubi itu

Pekanbaru, Jubi – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang perangkap untuk menangkap beruang yang menerkam seorang petani karet di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.  Pemasangan perangkap berlokasi di Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dilakukan dengan membuat peranghkap terbuat dari besi yang dalamnya diletakkan umpan minyak goreng bekas atau minyak jelantah dicampur madu dan sarden untuk memancing beruang.

“Itu makanan yang disukai beruang,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III BBKSDA Riau, Bintang Hutajulu, Minggu, (30/6/2019).

Berita terkait : Beruang madu ini berhasil diselamatkan dari jebakan jerat

Warga desa resah karena beruang madu

Perdagangan gading gajah secara online terungkap

Loading...
;

Lokasi pemasangan perangkap itu berada di daerah konflik terjadinya penyerangan beruang liar terhadap warga setempat. “Informasi dari tim di lapangan belum ada tertangkap,” kata Bintang menambahkan.

Keputusan untuk mengevakuasi beruang liar itu dari karena mempertimbangkan agar konflik beruang dan manusia tidak terjadi lagi.

Sebelumnya, petani karet bernama Capri Lubis luka-luka akibat diserang beruang liar saat menyadap karet di kebunnya di Desa Sungai Salak, Kecamatan Rambah Samo, pada Kamis lalu (27/6/2019).

Capri Lubis saat itu sedang menyadap karet bersama isterinya tiba-tiba diserang seekor beruang. Korban sempat melawan sehingga beruang tersebut tidak memangsanya, meski ia kemudian dirawat di Puskesmas setempat.

Baca juga : Perusahaan perkebunan diminta berbagi ruang dengan gajah

Forum Konservasi Leuser amankan ratusan jerat satwa

Ada 101 kasus Rabies di Kapuas Hulu

Tim BBKSDA Riau langsung menuju lokasi setelah menerima laporan tentang insiden itu. Petugas sudah memintai keterangan korban, dan dilanjutkan dengan memasang perangkap untuk beruang. Selain itu, tim BBKSDA Riau juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat tentang satwa tersebut dan bagaimana caranya untuk menangani konflik. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top