Begini upaya cegah Covid 19 di Distrik Sentani Timur

Begini upaya cegah Covid 19 di Distrik Sentani Timur 1 i Papua
Kepala Distrik Sentani Timur saat wawancara di media center Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jayapura.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani,Jubi- Kepala Distrik Sentani Timur, Stefen Wally mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya sesuai dengan surat edaran dan instruksi Bupati Jayapura terkait keikutsertaan dalam penanganan virus corona di Distrik Sentani Timur. Salah satunya dengan membentuk tim relawan disetiap Kampung.

Stefen juga mengatakan, sosialisasi serta edukasi telah dilakukan kepada masyarakat pada tujuh kampung di distrik itu. Baik dari tim medis, pemerintah distrik, maupun pihak aparat keamanan.

“ Ada tujuh kampung (Harapan,Asei Pulau,Nendali, Asei Kecil, Ayapo, Puai, dan Yokiwa) sudah ada posko relawan covid -19 yang dibangun,” ujar Srefen Wally di Media Center Tim Gugus Tugas Kabupaten Jayapura, Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani. Senin (20/4/2020).

Sejumlah tempat yang menjadi sasaran kunjungan wisata di wilayah tersebut untuk sementara tertutup untuk umum.

Disinggung soal anggaran 100 juta rupiah yang diperuntukkan bagi masyarakat Kampung, Stefen merinci , Rp68, 3 juta dikhususkan bagi keperluan masyarakat di Kampung, lalu 31, 3 juta langsung dikelola oleh DPMK untuk pengadaan sabun mandi, sabun cuci tangan,dan masker.

“ 68 juta ini digunakan masyarakat untuk penanganan covid 19, pengadaan peralatan semprot, lalu melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga, kegiatan sosialisasi dan edukasi, dan operasional posko selama 60 hari kerja,” jelasnya.

Loading...
;

Disinggung soal keluhan masyarakat terkait Sembako yang harus diterima oleh masyarakat melalui Alokasi Dana Kampung (ADK), dia mengakui bahwa dana tersebut tidak sebanding dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) atau jiwa di setiap kampung.

“ Ada sejumlah kampung yang telah berupaya menutupi kekurangan Sembako bagi masyarakatnya, tetapi secara umum memang masih kurang untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat. 68 juta yang diterima, 22 juta sudah kita berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tetapi tetap belum mencukupi,” ujarnya.

Sejauh ini, belum ditemukan adanya kasus positif Covid-19 dari wilayah Sentani Timur.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra mengatakan, ADK 100 Juta yang diperuntukan bagi masyarakat terbagi dalam pemberian tunai dan dalam bentuk barang.

“ 31 juta sudah kami alokasikan untuk pembelian sabun cuci tangan, sabun mandi, masker dan kebutuhan lainnya. Sementara satu jutanya digunakan untuk biaya transportasi ke masing-masing kampung,” . (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top