Bekas polisi disebut jadi dalang pelarian warga binaan Lapas Wamena

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Wamena, Jubi – Kapolres Jayawijaya dan Kepala Lapas Klas IIB Wamena sama-sama menyebutkan bahwa dalang dari pelarian 27 tahanan dan narapidana dari Lapas Wamena pada Selasa (22/1/2019) sore, adalah bekas anggota polisi yang telah dipecat dan  dihukum akibat penyalahgunaan Narkotika.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya mengungkapkan diduga yang menggerakan tahanan dan narapidana kabur dari Lapas ialah seorang bekas anggota polisi yang telah dipecat bernama Anca.

"Ia sudah dipecat, tetapi karena ia melakukan kejahatan dengan melarikan diri, sehingga saya pun tidak akan pandang bulu akan tembak di tempat jika tak juga menyerahkan diri," kata Kapolres di ruang kerjanya, Rabu (23/1/2019).

Ia juga mengaku jika sepulangnya Ka Lapas Wamena dari dinas luar, maka kepolisian akan mencoba menyelidiki kaburnya 27 tahanan dan narapidana dari Lapas.

Kami akan ungkap, termasuk apakah ada keterlibatan orang dalam Lapas sendiri sehingga mereka bisa kabur, katanya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Wamena, Yusak Bin Sabetu mengaku jika dari data terakhir sebanyak 22 orang yang melarikan diri ini, aktornya ialah narapidana atas nama Anca seorang oknum anggota polisi yang terjerat kasus narkoba.

Loading...
;

Entah dia sudah dipecat atau belum saya tidak tahu pasti, tetapi ceritanya sekitar minggu lalu ada polisi datang ke Lapas, mau ambil Anca ini ke Polda untuk upacara pemecatan, namun memang kami pun merencanakan jika yang bersangkutan memang akan dipindahkan ke Lapas Narkoba di Doyo, kata Yusak.

Tetapi, kata dia, tetapi jika memang polisi akan memindahkan yang bersangkutan ke Polda ia mempersilahkan namun harus ada surat resmi ke Lapas Wamena.

Yang saya tangkap dari peristiwa kemarin itu, mungkin ada yang beritahukan akan dipindahkan sehingga yang bersangkutan gelisah sehingga dia mulai bergerak cari jalan untuk keluar, katanya.

Di sisi lain Kalapas pun mempersilahkan jika kepolisian akan menyelediki kasus ini dengan terang benderang.

Kami akan sangat terbuka jika memang akan diusut, termasuk dugaan keterlibatan orang Lapas sendiri, kata Yusak. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top