Follow our news chanel

Belanda beli gagang cengkih dari Sulut

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Manado, Jubi – Belanda membeli gagang cengkih asal Provinsi Sulawesi Utara, terhitung sejak Januari 2017, kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Darwin Muksin.

"Di awal tahun ini, Belanda membeli gagang cengkih asal Sulut sebanyak 10 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 9.000 dolar Amerika Serikat," ucapnya di Manado, belum lama ini.

Minat negara Belanda tersebut untuk membeli gagang cengkih asal Sulut, cukup tinggi karena itu pengekspor daerah ini agar memanfaatkan potensi pasar ini.

"Sebagian besar petani Sulut hanya menjadikan gagang cengkih sebagai sampah, dengan potensi pasar tiga negara tersebut, maka petani diharapkan memanfaatkan potensi pasar ini," katanya.

Pengiriman gagang cengkih tersebut dengan kualitas yang sangat bagus, karena memang itu yang diminta pasar luar negeri.

Pemerintah akan terus memfasilitasi para pengekspor dalam mengurus surat keterangan asal, pelatihan maupun promosi ke luar negeri sampai mencari pasar baru.

Loading...
;

"Saya berharap tahun ini, pengiriman gagang cengkih ke Belanda dan negara-negara lain akan semakin tinggi, dan pasar baru terus terbuka," ujarnya. (*)

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top