Follow our news chanel

Previous
Next

Belanja modal di Papua baru 4,8 persen, ini kata Jokowi

Papua, jokowi
Presiden Joko Widodo saat Peringatan Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020) - Setkab.go.id.

 

Papua No.1 News Portal

Jakarta, Jubi – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bilang anggaran pemerintah daerah (Pemda) yang belum terkorek di bank, masih senilai Rp170 triliun. Dia menyinggung soal belum efektifnya penyerapan anggaran itu, di tengah tingginya kebutuhan anggaran penanganan dampak corona.

“Perlu saya ingatkan, uang pemda yang ada di bank itu masih Rp170 triliun, gede sekali ini. Saya sekarang cek harian,” ungkap Jokowi saat rapat bersama para gubernur di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (15/7), sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Padahal dia ingin agar pemda segera membelanjakan anggaran tersebut untuk mendorong konsumsi masyarakat.

Hingga Juli 2020, menurutnya tidak ada satu provinsi pun yang sudah membelanjakan anggaran mereka sampai 50 persen. Realisasi belanja pemda tertinggi baru 45 persen, yaitu di DKI Jakarta.

Jokowi meminta para pemda agar mempercepat realisasi belanja, khususnya belanja modal. Karena itu yang dianggap paling berdampak bagi perekonomian daerah. “Kalau kita lihat, ini yang menggerakkan, yang paling menggerakkan dari belanja-belanja itu adalah belanja modal. Karena yang pegawai itu rutin,” ujarnya.

Menurut catatannya, realisasi belanja modal dari masing-masing daerah di Indonesia masih cukup minim. Sumatera Selatan misalnya, masih sekitar 1,4 persen dari total pagu sampai Juli 2020.

Loading...
;

Begitu pula dengan belanja modal Papua baru 4,8 persen, Kalimantan Barat 5,5 persen, Sulawesi Tenggara 5,6 persen, Aceh 8,9 persen, dan Maluku Utara 10,3 persen.

“Kalau belanja di provinsi Bapak, Ibu semuanya ingin cepat pulih, belanjanya semuanya harus dipercepat. Kuncinya hanya di situ,” katanya.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua Tahun Anggaran 2020 tercatat sebesar Rp14,6 triliun.

Saat mengesahkan APBD pada akhir Oktober 2019 silam, Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan Pendapatan daerah tahun anggaran 2020 ditargetkan sebesar Rp 14, 6 triliun atau turun 2,99 persen dari tahun anggaran 2019 sebesar Rp 15,5 triliun.

Menurutnya, penurunan ini disebabkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD turun Rp 746,7 miliar dari target sebesar Rp 1,93 trilun pada tahun anggaran 2019, menjadi Rp 1,16 triliun pada tahun anggaran 2020. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top