Follow our news chanel

Belasan juta rupiah melayang akibat penipuan di Distrik Kebar Selatan

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinsos Papua Barat, Marthen L.Tirony, memberikan keterangan pers terkait penipuan yang dilakukan terhadap Aparat Kampung di Distrik Kebar Selatan dengan mencatut namanya. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).
Belasan juta rupiah melayang akibat penipuan di Distrik Kebar Selatan 1 i Papua
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinsos Papua Barat, Marthen L.Tirony, memberikan keterangan pers terkait penipuan yang dilakukan terhadap Aparat Kampung di Distrik Kebar Selatan dengan mencatut namanya. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Pelaku penipuan sedang menyasar aparat pemerintahan Kampung di wilayah Distrik Kebar Selatan, Kabupaten Tambrauw Papua Barat dengan modus bantuan perumahan.

Arent Abowi, Sekretaris Kampung Akari Distrik Kebar Selatan, kepada Jubi di Manokwari, mengaku sebagai korban penipuan tersebut. Diapun telah memenuhi permintaan orang tak dikenal  dengan mengirimkan uang senilai Rp14.500.000, secara bertahap melalui transfer Bank.

Dikatakan Arent melalui sambungan telepon, orang tak dikenal tersebut  mengaku sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Provinsi Papua Barat atas nama ‘Marthen’, menawarkan proyek perumahan  dari pemerintah Pusat melalui Dinas Sosial  Papua Barat.

“Dia telepon saya, dia bilang ada bantuan perumahan dari pusat. Dan dia sendiri dari Dinas Sosial Papua Barat namanya Marthen. Jadi saya percaya, dia lalu minta saya kirimkan uang untuk proses administrasi bantuan perumahan yang dijanjikan. Jadi saya transfer tahap pertama Rp9 juta dan dia minta lagi jadi saya transfer Rp5,5 juta lagi jadi total Rp14.500.000,” ujarnya, Rabu (25/9/2019) di Manokwari.

Setelah ditransfer hari Senin (23 September) dua jam kemudian, orang tak dikenal tersebut tidak lagi merespons panggilan  Arent saat menelpon untuk memastikan bantuan perumahan yang dijanjikan.

“Saya tunggu dua jam dan saya telepon berulang kali tapi dia tidak respon. Makanya hari ini (Rabu) saya langsung ke Manokwari dan pastikan ke Dinas Sosial Papua Barat, tapi ternyata saya ditipu,” ujarnya.

Loading...
;

Atas kejadian tersebut, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial di Dinas Sosial Papua Barat, Marthen L.Tirony, sangat menyesalkan kejadian itu karena pelaku penipuan tersebut telah mencatut nama dan jabatannya untuk melakukan aksinya di wilayah Distrik Kebar Selatan.

“Perlu saya sampaikan, bahwa masyarakat di Papua Barat jangan pernah percaya jika  dijanjikan sesuatu atas nama program Pemerintah hingga mencatut nama pejabat dan meminta uang,” ujarnya.

Dikatakan Tirony, bahwa semua program Pemerintah tidak dipungut biaya apapun dari masyarakat (gratis). Apalagi program dari dinas Sosial.

“Kalaupun ada program pembangunan rumah, pasti secara berjenjang dari Pusat akan disampaikan ke Provinsi lalu diteruskan ke Dinas Sosial kabupaten/kota. Tapi tahun ini tidak ada dari kami, maka jelas-jelas yang dialami Sekertaris Kampung di Distrik Kebar Selatan adalah penipuan,” ujarnya.

Diapun mengaku telah melaporkan kejadian tersebut di Polsek Kota Manokwari, sehingga oknum yang melakukan penipuan dengan mencatut namanya segera ditangkap.

“Saya hari ini juga akan buat laporan Polisi sehingga pelaku tersebut segera dicari dan diproses hukum,” ujarnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top