Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Belasan MP baru, warga Kiribati ingin perubahan

Gedung Parlemen di Kiribati. - RNZI/ Koro Vaka’uta
Belasan MP baru, warga Kiribati ingin perubahan 1 i Papua
Gedung Parlemen di Kiribati. – RNZI/ Koro Vaka’uta

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Tarawa, Jubi – Seorang anggota parlemen (MP) Kiribati yang baru terpilih berkata pemilih di negara itu ingin ada pemikiran-pemikiran yang baru dan kemajuan.

Bulan ini warga Kiribati menyambut 16 MP baru, dari parlemen dengan 44 kursi, yang akan mengambil sumpah dan memilih Presiden pada Mei ini.

Belasan MP baru, warga Kiribati ingin perubahan 2 i Papua

Di antara jajaran MP yang baru ada seorang dokter yang beralih profesi menjadi politisi, dr. Tinte Itinteang. Ia baru pindah kembali ke Kiribati tahun lalu, setelah menyelesaikan pekerjaan sebagai peneliti dan pengajar di Victoria University of Wellington, Selandia Baru.

MP baru dari dapil Betio itu, mewakili salah satu daerah yang paling padat penduduk di Kiribati, berkata hasil pemilu tersebut menunjukkan bahwa pemilih ingin melihat motivasi yang baru akan harapan kehidupan yang lebih baik.

“Saya tidak tahu apakah itu adalah tanda bahwa masyarakat menginginkan sesuatu yang baru, atau ingin ada pemikiran-pemikiran yang baru di dalam parlemen,” kata Itinteang. “Menurut saya ini adalah tantangan yang baru bagi partai-partai yang bersaing untuk mengumpulkan kursi mayoritas, dan sesuatu yang harus dinanti-nantikan oleh masyarakat Kiribati.”

Dia menegaskan meski sulit baginya untuk berkomentar tentang bagaimana pandemi Covid-19 akan berdampak pada pekerjaannya sebagai MP, Itinteang berkata situasi ini memerlukan solusi yang unik.

Loading...
;

“Semoga parlemen yang baru dapat menyelesaikan persoalan-persoalan ini dan menyelamatkan kehidupan orang-orang Kiribati. Yang paling penting di negara seperti Kiribati adalah tidak bertele-tele, namun untuk fokus pada tantangan-tantangan yang kita hadapi sebagai negara, sebagai bangsa,” tambahnya.

Itinteang menambahkan bahwa orang-orang Kiribati telah memilih pemimpin-pemimpin mereka, dan rasa kepemilikan dan tanggung jawab ada di punggung 44 MP itu untuk mencoba dan membawa perubahan yang positif.

Lobi telah dimulai

Bagian paling intens dari kampanye pascapemilu sekarang telah beralih fokus untuk membangun aliansi antara partai-partai politik utama. Perbedaan jumlah kursi yang dimenangkan parpol-parpol besar sangat tipis.

Itinteang sendiri adalah caleg independen dan sudah memulai proses negosiasi.

“Saya bangga orang-orang saya di Betio telah memilih saya untuk membantu memperbaiki kehidupan mereka menjadi lebih baik. Persoalan-persoalan yang kita hadapi sangat banyak, tetapi mudah-mudahan kita dapat membuat perbedaan.” (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top