HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Belasan peserta Ijtima Dunia Zona Asia asal Papua Barat dikarantina mandiri

Satgas Covid-19 Papua Barat melakukan penyemprotan bagi penumpang kapal Pelni di pelabuhan laut Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Sebanyak 13 orang peserta Ijtima Tabligh Akbar Dunia Zona Asia 2020 di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, langsung menjalani karantina mandiri setelah tiba di Manokwari menumpangi KM.Ciremai.

Agung Budijono, Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Epidemologi Satgas Covid-19 Papua Barat mengatakan, upaya pencegahan terus dilakukan melalui pemeriksaan kesehatan setiap penumpang kapal yang turun di pelabuhan laut Manokwari.

Hasil pemeriksaan awal, kata Agung, 13 orang peserta Ijtima Tabligh Akbar   dinyatakan sehat karena rata-rata suhu tubuh mereka normal.

“13 orang ini adalah warga Manokwari yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan Ijtima Tabligh Akbar Dunia Zona Asia 2020 di kabupaten Gowa Sulsel pada tangal 20-22 Maret 2020 lalu,” kata Agung, Kamis (26/3/2020).

Dia menjelaskan, meski dinyatakan sehat pada pemeriksaan awal, namun 13 orang tersebut diberi tanda pengenal khusus (kartu kuning) sebagai tanda Orang Dalam Pemantauan (ODP),  selanjutnya disarankan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Pada kartu tersebut, berisi tentang tanda (gejala) keluhan, seperti demam/panas, batuk, pilek atau sakit menelan. Jika ada gejala tersebut dalam 14 hari masa karantina mandiri, maka diharapkan segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat,” ujarnya.

Loading...
;

Sementara, Kapolres Manokwari, AKBP Deddy F.Millewa, mengatakan jajarannya terus berupaya memberikan edukasi tentang pencegahan penyebaran virus Corona kepada masyarakat di Manokwari.

Salah satu langkah pencegahan, kata Deddy, dengan melakukan patroli di tempat-tempat keramaian untuk membatasi aktivitas yang mengundang banyak warga berkumpul.

“Sementara kami akan rutin lakukan patroli, untuk batasi aktivitas kerumunan warga, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Manokwari,” kata Deddy. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca juga  BAPPENAS dan IASA luncurkan program sektor kesehatan dan pendidikan di Papua

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa