Belum ada data pasti kebutuhan rumah ASN

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Sampai saat ini belum ada data pasti terkait kebutuhan rumah subsidi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Papua, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi II Business Gathering Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Papua bersama Real Estate Indonesia (REI) dan Bank Papua, di Jayapura, Selasa (13/11/2018).

"Sebenarnya lewat kegiatan ini pemerintah kabupaten/kota bisa mendapat update soal bagaimana pembiayaan rumah dan pendataan soal perumahan ASN," kata Kepala Bidang Gedung Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Papua, Dirk Fonataba.

Mengenai data pasti, ujar ia, pihaknya akan menggelar pertemuan pada 15 November 2018, dengan melibatkan pemerintah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, dan provinsi.

"Jadi kemungkinan pada saat pertemuan itu kami bisa dapat data berapa jumlah pegawai yang sudah terdaftar," ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD REI Papua, Nelly Suryani, menyampaikan pihaknya sebagai pihak pengembang akan menunggu instruksi dari pemerintah, bila tanah sudah disiapkan untuk pembangunan rumah bagi pegawai.

Loading...
;

"Saat ini pemerintah pusat hanya memberikan KPR sampai dengan umur 20 tahun, sedangkan umur yang sudah memasuki 55 tahun akan disiapkan regulasinya, sehingga mereka bisa mendapatkan rumah layak huni juga," kata Nelly.

Meski begitu, kata ia, pihaknya akan menyesuaikan dengan aturan yang berlaku, mengingat pembahasan terkait rumah layak huni bagi ASN yang memasuki umur 55 tahun sementara masih digodok oleh Presiden Jokowi.

"Hal ini memang sesuai dengan intruksi Bapak Presiden, yang mana memprioritaskan kepada ASN, yang sudah akan pensiun,” ujarnya.

Sementara, menyinggung mengenai skema pembangunan rumah subsidi bagi ASN, Nelly Suryani menjelaskan akan membangun dengan perumahan yang khusus.

“Tetapi kami akan tetap bekerjasama dengan pemerintah mengenai tanah maupun bangunannya," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top