Follow our news chanel

Belum ada laporan soal keterlambatan pembayaran THR

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Papua mengklaim, sampai hari ini belum menerima satupunn laporan keterlambatan ataupun perusahaan yang tidak membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pegawai.

“Sampai hari ini belum ada, tapi kami tunggu sampai dengan masuknya kembali kerja pada Kamis (21/6/2018) nanti, kalau ada kami siap tindak lanjuti,” kata Rawar kepada Jubi, di Jayapura, Senin (18/6/2018).

Namun kata ia, yang harus diperhatikan setiap perusahaan yakni mengenai aturan hari-hari libur; jika di waktu libur ada pegawai yang diharuskan bekerja, maka perusahaan wajib membayarkan lembur mereka.

“Ini jelas harus disesuaikan dengan aturan yang ada pada perusahaan, apakah selama liburan pegawai benar-benar off atau masuk kantor. Kalau masuk kantor maka harus dibayar,” ujarnya.

Menurut ia, memang untuk agenda hari-hari libur selama satu tahun sudah dikeluarkan pemerintah provinsi Papua, hanya saja ada perusahaan-perusahaan tertentu yang diharuskan tetap memberikan pelayanan publik, seperti perbankan dan rumah sakit sehigga perusahaan harus melihat itu.

“Silahkan perusahaan mengaturnya sesuai dengan aturan yang ada,” kata Rawar.

Loading...
;

Meskipun demikian, dirinya tetap mengimbau kepada setiap pegawai untuk tidak takut melapor kepada pihaknya jika terbukti ada perusahaan yang tidak membayar THR kepada pegawainya.

“Silahkan datang pada kami dengan sertakan bukti jika ada perusahaan yang tidak membayar hak pegawai,” ujarnya.

Sementara menyinggung soal penundaan pembayaran THR bagi ASN di lingkungan pemerintahan provinsi Papua, ia menjelaskan, untuk hal ini ada peraturan dari Menteri Keuangan sehingga tinggal dilaksanakan saja.

“Jadi tidak ada masalah, nanti tinggal dilihat saja apakah kondisi dana tersedia di provinsi dan kabupaten/kota atau dananya di drop dari pusat,” ujarnya.

Secara terpisah, Anto Syamsudin karyawan karyawan di perusahaan swasta mengaku tidak ada keterlambatan pembayaran THR di tempat ia bekerja, bahkan tunjangan yang diterima pegawai full dan tepat waktu.

“Pembayaran THR ditempat saya bekerja diberikan tujuh hari sebelum hari raya, sebesar satu kali gaji,” kata Anto yang sehari-hari bekerja sebagai sales. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top