HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bencana banjir bandang harus jadi pelajaran berharga

Kondisi salah satu kampung usai diterjang banjir bandang โ€“ Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Martha Mandosir meminta semua pihak baik menjadikan bencana banjir bandang yang menimpa beberapa wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura sebagai pelajaran berharga.

“Sudah harus ada pertobatan massal baik pemerintah, masyarakat maupun swasta. Sebab ruang yang dikasih Tuhan tidak mungkin bertambah, tapi bagaimana kita mengelola ruang itu supaya memberikan kehidupan yang berkelanjutan. Tapi kalau kita serakah dan tidak menggunakan ini secara bijaksana, tidak mematuhi aturan dengan baik, maka kitapun akan mengalami bahaya,” kata Mandosir, di Jayapura kemarin.

Ia tekankan, pegunungan Cycloop adalah kawasan cagar alam, yang mana pengelolaan penuh ada di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Untuk itu, dengan adanya kejadian ini harus ada pembenahan dan mulai perketat semua aturan yang ada.

“Penegakan hukum harus jalan, dalam artian yang boleh dilakukan silahkan, sementara yang tidak ya tidak boleh dilakukan,” ujarnya.

Sedangkan dari sisi lingkungan, pihaknya sudah bertemu dengan Bupati Jayapura untuk bagaimana mengelola lingkungan dengan tujuan bebas sampah. Apalagi daerah ini memiliki rencana Go Adipura 2020 dalam upaya mendukung pelaksanaan PON.

“Kita sudah berkomitmen untuk bagaimana mengurangi dan mengelola sampah. Bahkan kami ingin sarankan ke pemerintah provinsi dan kabupaten untuk melakukan kajian daya dukung dan daya tampung, supaya bisa dilihat kondisi Cycloop saat ini seperti apa, baik soal permukiman, perambahan dan lainnya. Sebab cagar alam ini sama sekali tidak boleh di jamah,” ucapnya.

“Untuk kajian ini kami sementara sedang kerjakan melalui pusat regional. Mudah-mudahan hasilnya bisa cepat keluar dan menyatu dengan teman-teman di BKSDA, sehingga konsep eksekusinya nanti seperti apa,” sambungnya.

Loading...
;

Jika kajian daya dukung dan daya tampung berjalan baik, maka pemerintah bisa mendapat rumusan kebijakan dan bagaimana mencegah agar kawasan Cycloop tidak lagi terjamah lebih besar lagi.

“Kami juga inginkan BKSDA bagaimana memetakan kembali kawasan Cycloop yang sudah terpakai dan terfungsikan oleh masyarakat dan sebagainya, sehingga bisa diketahui mana yang perlu kita jaga sampai zona intinya,” katanya.

“Yang tersulit bagi kami adalah meskipun aturan sudah ada dan kuat, tapi masyarakat secara adat sangat kuat (kepemilikan). Untuk itu, perlu partisipasi semua pihak dalam menjaga kawasan Cycloop, agar apa yang salah selama ini bisa diperbaiki bersama,” sambungnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mengatakan pengawasan terhadap izin-izin harus dilakukan.

“Saya mau ingatkan untuk pemerintah kabupaten, kaki tangannya pak bupati, stafnya pak bupati jangan asal mengeluarkan izin pembangunan perumahan apapun namanya pada tempat-tempat yang sudah dilarang,” kata Tinal.

Menurut ia, bencana banjir bandang yang sudah menelan ribuan warga harus menjadi pelajaran bagi semua pihak, agar tidak seenaknya membangun perumahan.

“Saya harap hati-hati dalam mengeluarkan izin pembangunan, AMDAL-nya harus jelas. Ini berlaku juga untuk daerah TABI,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa