Bentuk BUMD, Pemkab Boven Digoel siap beli karet petani

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop, mengungkapkan pemerintah setempat telah membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang nantinya siap membeli berbagai potensi masyarakat. Salah satunya adalah karet yang pernah menjadi primadona.

Hal itu disampaikan Bupati Tambonop kepada wartawan di Swisbelt Hotel Merauke, Selasa (11/9/2018). 

“Perlu diketahui bahwa dulu karet menjadi primadona. Karena dari hasil kerja keras masyarakat setempat dengan menyadap, mereka mampu menyekolahkan anaknya hingga menjadi sarjana tanpa bantuan pemerintah,” ungkapnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, demikian Tambonop, masyarakat setempat kurang berminat menyadap getah lagi dengan alasan harga tidak sesuai kerja keras yang dilakukan.

Namun demikian, jelas dia, pemerintah setempat sedang mendorong dengan memberikan pelatihan maupun peralatan kepada masyarakat agar menyadap kembali dan siap dibeli  dengan harga berapa saja.

“Saya akui kalau harga karet di pasaran naik turun sehingga terkadang membuat warga berpaling dan menekuni pekerjaan lain,” katanya.

Loading...
;

Dikatakan, dengan BUMD yang dibentuk, pemerintah siap membeli dengan harga berapa saja yang diinginkan masyarakat. Nantinya tetap disimpan sambil menunggu harga membaik dijual kembali.

“Saya mengetahui dan memahami akan apa yang menjadi keinginan serta harapan masyarakat. Dimana begitu menyadap getah dan mengeringkan, mereka menginginkan harus segera dijual supaya segera mendapatkan uang. BUMD menjadi solusi paling tepat,” katanya.

Ditambahkan, kurang lebih 3000 hektar lahan karet milik masyarakat  tersebar di sejumlah daerah. Umumnya sudah dapat disadap sekaligus diasapi untuk dikeringkan.

Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar, membenarkan bahwa karet adalah salah satu potensi andalan di sana, selain durian. Tentunya pemerintah setempat terus mendorong agar masyarakat menyadap secara rutin.

“Ya, kita telah ada BUMD yang siap membeli semua potensi alam dari masyarakat,” ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top