Follow our news chanel

Previous
Next

Beras yang dijual ke Bulog harus penuhi standar

Ilustrasi beras di pasaran - Jubi/Frans L Kobun.
Beras yang dijual ke Bulog harus penuhi standar 1 i Papua
Ilustrasi beras di pasaran – Jubi/Frans L Kobun.

Merauke, Jubi – Bulog mengingatkan petani selalu memerhatikan kualitas penjualan beras. Beras yang dijual harus memenuhi standar, yakni patahan bulir (broken) 20%, menir 2%, dan kadar air sebesar 14%.

“Jangan beras tidak standar dijual ke Bulog.  (Misalnya), beras dengan patahan hingga 30%, menir 3%, dan kadar airnya di atas 14%,” kata Kepala Bulog Subdivisi Regional Merauke Djabiruddin melalui telepon kepada Jubi, Senin (27/1/2020).

Dia mengungkapkan ada sejumlah petani diduga sengaja menjual beras berkualitas rendah kepada Bulog, sedangkan berkualitas baik dijual kepada pihak lain. Itu mereka lakukan karena tergiur harga tinggi di pasaran umum.

“Kalau tidak laku di (pasaran) umum, berasnya mereka bawa (jual) ke Bulog. Lalu, berteriak seakan-akan (Bulog) tidak mau membeli (beras petani),” ungkap Djabiruddin.

Djabirudin meyakini petani yang menjadi mitra Bulog memahami ketentuan standar pembelian beras oleh pemerintah. Mereka telah berulang kali menyampaikan itu kepada para petani.

Petani Distrik Semangga Kusnadi (50 tahun) mengaku sering menjual langsung berasnya di pabrik penggilingan. “Selama ini seperti itu. Kami tidak membawa pulang lagi beras, tetapi langsung jual di tempat penggilingan.” (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top