Berbagai elemen masyarakat peringati hari tani

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Bandarlampung, Jubi – Para petani, nelayan, buruh, aktivis dan mahasiswa di Provinsi Lampung memperingati Hari Tani Nasional 2016 dengan menggelar sejumlah kegiatan, termasuk melakukan aksi demo menuntut pemerintah mewujudkan reformasi agraria.

Sejumlah elemen masyarakat tergabung dalam Aliansi Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL), di Bandarlampung, Senin (26/9/2016) menggelar aksi di sejumlah lokasi, seperti DPRD Lampung, kantor Pemprov Lampung, Kejaksaan Tinggi Lampung, dan Polda Lampung.

Salah satu aktivis elemen yang tergabung dalam memperingati Hari Tani Nasional itu, Joko Purwanto, didampingi aktivis lainnya Reynaldo Sitanggang dan Agung, menyampaikan pada peringatan Hari Tani Nasional 2016 ini, bersepakat untuk menuntut penolakan ekonomi pasar bebas untuk mewujudkan Reformasi Agraria sejati.

Sejumlah elemen yang berpartisipasi dalam aksi dan peringatan Hari Tani Nasional 2016 di Lampung, antara lain Eksekutif Wilayah LMND Lampung, LBH Bandarlampung, KBH Lampung, Walhi Lampung, SMI, FMN, SPI, FSBKU-KSN, PPI, AMPP, SP, Sertani Lampung, Agra, FPBI, dan sejumlah elemen aktivis mahasiswa dan organisasi berbasis di kampus lainnya.

"Persoalan agraria di Indonesia kembali ditata ulang setelah kemerdekaan dengan dikeluarkan Undang Undang Pokok Agraria (UUPA) Nomor 5 Tahun 1960 dan UUPBH (Undang Undang Pokok Bagi Hasil) Nomor 2 Tahun 1960. Penataan ulang panguasaan sumber-sumber agraria pada masa Orde Lama tidaklah berlebihan dikatakan sebagai awalan dalam mengembalikan hak-hak rakyat atas sumber-sumber agraria yang sejak lama dikuasai kolonial," kata Joko yang juga aktivis SSBKU-KSN Lampung itu.

Dia menyatakan adalah perebutan hak atas alat produksi oleh petani, seperti tertuang dalam UUPA, di antaranya membatasi jumlah luas kepemilikan tanah individu, melarang kepemilikan WNA atas agraria Indonesia, dan mengambil alih aset-aset perkebunan dan pertambangan milik asing. (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top