Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Berdiri di Biak bisa lihat Serui tapi kenyataannya!

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Serui, Jubi – Kontingen atletik Kota Jayapura terpuruk pada penyelenggaraan kejuaraan daerah (Kejurda) atletik se Papua yang berlangsung 27 Agustus 2018 – 1 September 2018 di Serui.

Atlet-atlet dari ibukota provinsi Papua itu tampil dibawah performa terbaik pada nomor lari, lempar, tolak maupun lompat kategori remaja, yunior dan senior.

Pada nomor-nomor bergengsi seperti nomor lari 100 meter, 200, 400 dan nomor estafet kategori senior putra putri, para pelari dari Kota Jayapura tertinggal dibelakang para pelari asal Kepulauan Yapen, Biak Numfor, Nabire, Puncak Jaya dan Mimika.

Satu-satunya medali yang diraih Kota Jayapura pada nomor lari estafet 4×400 meter kategori putra junior atas nama Steven Bonay, Lazarus Mabel, Yohanes Wona dan Eduardus Braweri yang finish urutan ketiga dan mendapatkan medali perunggu.

Di nomor ini medali emas diraih Everd Baransano, Rio Ansanay, Fransiskus Tamakula, Alberth Baransano dari Kabupaten Mimika. Sedangkan medali perak dirah tim estafet kabupaten Kepulauan Yapen atas nama Juan Rumkorem, Hendrik Dacosta, Rio Kayoi dan Yunus Paide.

Hingga jelang penutupan kejurda, Sabtu petang (1/09/2018), kontingen Kota Jayapura hanya mengumpulkan 9 medali terdiri 7 medali perak dan 2 medali perunggu dan berada diposisi 10 dari 11 daerah yang mengikuti even tersebut.

Loading...
;

Posisi terakhir alias juru kunci ditempati kontingen atletik kabupaten Mamberamo Raya dengan 3 medali perak dan 3 medali perunggu.

Sementara kontingen dengan peralatan minim adalah Kabupaten Biak Numfor. Atlet-atlet asal kota karang panas itu berlaga dengan tanpa kostum dan hanya menggunakan peralatan seadanya.

Kekecewaaan atlet-atlet Biak Numfor itu tampak ketika mereka tampil dengan pakaian seadanya tanpa trainning spak pada upacara  penutupan Kejurda, Sabtu malam  (1/09/2018).

“Atlit Biak Numfor turun dengan peralatan dan kostum seadanya. Sepatu untuk lari saja, baku ganti pake antara satu atlet dengan atlet lain. Jangankan itu, atlit pada waktu pagi mau bertanding saja minum teh satu gelas baku bagi untuk dua orang. Namun demikian kami ucap syukur untuk Tuhan dan terima kasih kepada Wakapolres Yapen bapak Komboy yang turut membantu kami,” kata Budi Maryen, officil kontingen Biak Numfor usai penutupan kejurda.

Menjawab pers soal dukungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Maryen mengaku para atlitnya kecewa karena Bupati Biak Numfor tidak memberi perhatian dan dukungan yang baik.

Padahal jarak antara Biak Numfor dan Serui, hanya sejauh mata memadang. Maryen membandingkan kebijakan Pemkab Biak Numfor yang membiayai kegiatan festival Munara Wampasi dengan dana milliaran rupiah sementara kontingen atletik Biak Numfor tidak didukung finansial yang cukup.

“Berdiri di Biak bisa lihat Serui tapi kenyataannya kontingen Biak Numfor tidak mendapat dukungan dari pemerintah. Atlet kita bertanding di pagi hari dengan minum teh satu gelas untuk dua orang atlit. Ini kondisi realita. Festival Munara Wampasi dibiayai Rp2 milliar dan bupati bisa kirim kontingen ke Pesparawi ke Kalimantan, sedangkan kami yang hanya dekat dengan Serui saja sulit (tidak dibantu),”ungkap Maryen.

Meski kecewa, Maryen mengaku bangga dan puas dengan prestasi yang dipersembahkan atlit-atlitnya. Pada Kejurda tersebut, Kabupaten Biak berhasil diurutan ketiga dengan perolehan 13 medali emas, 10 medali perak dan 14 medali perunggu.

“Walaupun dengan fasilitas minim namun atlit-atlit kami sudah berbuat yang terbaik dan kami berhasil juara tiga,” kata Budi Maryen.

Pelatih PASI Kota Jayapura, Mathias Rumkorem mengatakan, hasil yang maksimal sudah ditunjukan para anak asuhnya dalam kejuaraan atletik di Serui. Ia mengaku, sekembali ke Jayapura segera dilakukan evaluasi dalam mempersiapkan atlet lebih matang dan maksimal untuk menatap event-event berikutnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top