Follow our news chanel

Previous
Next

Bertemu Menhan, masyarakat Papua sampaikan 10 poin

Forum Peduli Papua Maju foto bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto - Jubi. Dok Forum Peduli Papua Maju.
Bertemu Menhan, masyarakat Papua sampaikan 10 poin 1 i Papua
Forum Peduli Papua Maju foto bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto – Jubi. Dok Forum Peduli Papua Maju.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah Kepala Daerah dari Papua dan Papua Barat bersama masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Papua Maju, bertemu Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Kertanegara 4 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa malam (10/12/2012).

Ketua Tim, Yanni mengatakan dalam kesempatan ini, perwakilan masyarakat Papua menyampaikan 10 poin tuntutan kepada Menhan.

“Saya diminta memfasilitasi pertemuan tersebut, untuk menyampaikan sejumlah pokok pikiran terkait pembangunan dan peningkatan kesejahteraaan masyarakat Papua kepada Menhan,” kata Yanni dalam siaran pers yang diterima Jubi, Rabu (11/12/2019).

Yani menjelaskan ada beberapa tuntutan yang disampaikan langsung pada Menhan diantaranya distribusi sumber daya manusia orang asli Papua (OAP) dalam birokrasi pusat pemerintahan RI, termasuk menempatkan OAP pada eselon tertentu di Kementerian Pertahanan RI.

Selain itu, perwakilan juga meminta adanya pemerataan dan distribusi  kesejahteraan bagi OAP melalui subsidi kegiatan sosial ekonomi berbiaya tinggi, pengembangan wilayah perbatasan NKRI di Papua sebagai pusat pertumbuhan ekonomi serta mengusulkan pengembangan kota-kota bersejarah di Papua seperti di Biak, Serui dan Bovendigoel.

Dalam kesempatan ini, perwakilan masyarakat juga meminta adanya pengendalian operasi militer dalam pengejaran kelompok bersenjata di beberapa wilayah konflik di Papua agar tidak berdampak kepada masyarakat sipil.

Loading...
;

“Kita akan mengawal realisasi dari aspirasi yang kami sampaikan ini. Pak Prabowo juga akan mengundang kami kembali pada Desember ini atau Januari 2020 mendatang,” ujarnya.

Menhan Prabowo Subianto mengaku akan membuka diri pada masyarakat Papua yang ingin menyampaikan masukan kepada Kementerian Pertahanan.

Apalagi Menhan mengaku punya kedekatan dengan masyakarat Papua karena pernah menghabiskan hidup di wilayah Indonesia Timur.

“Orang Papua suka bicara blak-blakan dan terus terang namun hatinya sangat baik.
Menghadapi orang Papua yang sebenarnya berhati baik, pendekatan pembangunan yang harus dikedepankan. Dalam konteks Papua adalah dengan sentuhan tangan dan hati, bukan dengan kekuatan militer,” kata Prabowo Subianto.

Sebagai Menhan ia selalu meminta prajurit TNI melakukan pendekatan kepada rakyat dengan hati, bukan pendekatan represif dan militeristik yang bisa mengorbankan masyarakat.

Para bupati, wakil bupati dan masyarakat yang bertemu Menhan diantaranya, Benediktus Tambonop (Bupati Boven Digoel), Elisa Kambu (Bupati Asmat), Abok Busup (Bupati Yahukimo).

Ada pula Manuel Piter Urbinas (Wakil Bupati Raja Ampat), Petrus Yoram Mambai (masyarakat Saireri), Daniel Ayub Dawan (akademisi), Otniel Sem (tokoh agama) Mathius Murib (pegiat HAM Papua) dan Budi Projonegoro Yokhu (Pemuda Kabupaten Jayapura) (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top