Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Besok bandara Sentani buka lagi, penerbangan Jayapura – Jakarta tersedia

Bandara Sentani Papua
Foto ilustrasi, petugas di Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. - Jubi/Dok
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Bandar Udara Internasional Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua akan kembali beroperasi pada Jumat (12/6/2020), dan mulai melayani calon penumpang penerbangan rute Jayapura – Jakarta dan Jakarta – Jayapura. Seluruh layanan di Bandar Udara Internasional Sentani akan mengikuti protokol kesehatan dan aturan pencegahan penularan virus korona.

Kepala Dinas Perhubungan Papua, Recky Ambrauw mengatakan Pemerintah Provinsi Papua merelaksasi penutupan akses angkutan penumpang ke Papua. Relaksasi itu dilakukan dengan membuka akses bagi Garuda Indonesia dan Batik Air untuk mengangkut penumpang dalam dua kali penerbangan per minggu.

“Dalam surat edaran sudah sangat jelas, khususnya soal relaksasi transportasi udara, laut dan darat. Meskipun sudah dibuka, ada peraturan yang wajib diikuti setiap [calon] penumpang kapal maupun pesawat, sebelum melakukan perjalanan,” kata Ambrauw di Jayapura, Kamis (11/6/2020).

Besok bandara Sentani buka lagi, penerbangan Jayapura - Jakarta tersedia 1 i Papua

Baca juga: Penutupan bandara hambat penerimaan mahasiswa baru

Menurut Ambrauw, mulai Jumat pagi akan ada pesawat dari Jakarta yang masuk Jayapura. Ia mempersilahkan awak media yang ingin melihat langsung bagaimana petugas menjalankan protokol kesehatan bagi setiap penumpang turun, sejak mereka keluar dari pesawat hingga keluar dari bandara.

“Hal yang sama berlaku bagi calon penumpang yang akan melakukan penerbangan. Semua wajib melewati beberapa pemeriksaan. Intinya, kami tetap berpedoman pada protokol kesehatan. [Calon penumpang] wajib pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan harus mengantongi surat izin jalan dan kesehatan,” ujarnya.

Ambrauw berharap aturan pemerintah tentang perjalanan jarak jauh itu bisa dijalankan masyarakat secara baik, sehingga petugas di lapangan bisa melayani calon penumpang dengan baik juga. “Intinya bersabar, karena semua akan dilayani dengan baik. Yang jelas, kami berpegang kepada surat edaran dan petunjuk teknis gubernur,” katanya.

Loading...
;

Baca juga: Pedagang makanan kaki lima di Kota Jayapura bertahan di tengah Pandemi

General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura, Antonius Widyo Praptono mengatakan Bandar Udara Internasional Sentani sudah siap beroperasi sesuai prosedur dan protokol Covid-19. “Kami sudah siapkan tempat khusus [untuk memeriksa] calon penumpang yang ingin melakukan keberangkatan, mulai [dari pengecekan] surat izin dari gubernur, kemudian [pengecekan] persyaratan lain yang berkaitan dengan Covid-19. Setelah itu baru penumpang diizinkan masuk ke check point I, kemudian dipersilahkan untuk lapor tiket,” kata Antonius.

Antonius menegaskan semua orang yang berada di dalam area bandara wajib menggunakan masker. “Selama berada dalam area bandara, seluruh masyarakat diwajibkan menggunakan masker. Untuk ini, akan ada patroli oleh petugas gabungan. Kami juga meminta agar masyarakat tidak berkumpul di satu tempat,” kata Antonius.

Ia mengingatkan pengawasan ketat tidak hanya dilakukan di area bandara saja. Pengecekan protokol Covid-19 juga akan dilakukan saat penumpang saat berada dalam pesawat. “Jadi, tempat duduk sudah diatur oleh petugas bandara. Kami minta masyarakat yang akan melakukan penerbangan bisa taat,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top