Follow our news chanel

Previous
Next

BI dorong QRIS pada PON Papua

Kepala BI Perwakilan Papua, Naek Tigor Sinaga - Jubi/Roy Ratumakin.
BI dorong QRIS pada PON Papua 1 i Papua
Kepala BI Perwakilan Papua, Naek Tigor Sinaga – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan pihaknya akan mendorong penggunaan Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS) untuk mempermuda official dan atlet yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di tanah Papua.

“Standar platform pembayaran QR sangat efisien dan aman dalam bertransaksi. Walaupun begitu, kami tetap akan menyediakan uang tunai untuk kebutuhan para ofisial dan atlet,” kata Tigor, Kamis (2/1/2020) di Jayapura.

Dikatakan, kebutuhan uang tunai khususnya di Papua pada 2020 naik 10 persen menjadi Rp5 triliun hingga Rp5,5 triliun dibandingkan 2019 lalu hanya Rp4,5 triliun.

“Kalau untuk kebutuhan PON sendiri saya belum mempunyai angkanya tetapi penggunaan nontunai kita bisa prediksi sekitar puluhan hingga ratusan miliar karena untuk kebutuhan hotel. Rp 5,5 triliun ini sudah kami hitung untuk kebutuhan Lebaran, Pilkada, dan PON,” ujarnya.

Kata Tigor, keberadaan QRIS bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Untuk tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) dimana penjual (merchant) yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran,” katanya.

Loading...
;

Implementasi QRIS secara nasional kata Tigor sudah berlaku efektif mulai 1 Januari 2020.

“QRIS mengusung semangat UNGGUL yang mengandung makna UNiversal, GampanG, Untung, dan Langsung. Kami berharap, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel,” ujarnya.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal berharap pelaksanaan PON XX di tanah Papua, semua harus tertib administrasi.

“Yang kita gunakan ini adalah uang Negara, jadi saya berharap semuanya dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar sesuai peruntukannya,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top