Follow our news chanel

Previous
Next

BI Papua dorong penggunaan QRIS

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua, Naek Tigor Sinaga saat menunjukkan pembayaran menggunan QRIS melalui smartphone miliknya. - Jubi/Ramah
BI Papua dorong penggunaan QRIS 1 i Papua
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua, Naek Tigor Sinaga, saat menunjukkan pembayaran menggunan QRIS melalui smartphone miliknya. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dalam rangka mendukung pekan QRIS Nasional 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua terus mendorong penggunaan QRIS atau transaksi pembayaran mengguna QR Code melalui aplikasi sistem pembayaran.
“Pembayaran elektronik kepada masyarakat dengan harapan seluruh channel pembayaran bisa dilakukan dengan cepat, efisien, dan mudah,” ujar Kepala BI Papua, Naek Tigor Sinaga, di Jayapura, Kamis (12/3/2020).
Dikatakan Naek, agar penggunaan QRIS meluas di masyarakat, BI Papua gencar melakukan sosialisasi dan pendaftaran merchant QRIS dengan melibatkan perbankan dan PJSP.
“Mulai dari pelaku UMKM, pengurus ibadah, dunia pendidikan, dan pasar tradisional. Kami juga melakukan kegiatan colour run, melakukan festival kapal hias, senam bersama, bazar UMKM supaya meningkatkan penggunaan QRIS,” ujar Naek.
Diakui Naek, di Papua saat ini masih 7 ribu merchant yang menggunakan pembayaran melalui QRIS, namun BI Papua optomis dengan gencar mendorong penggunaan QRIS masih dapat menambah jumlah merchant.
“QRIS wajib digunakan untuk QR Code pembayaran sejak 1 Januari 2028. QRIS juga dapat digunakan untuk pembayaran zakat, infak, sedekah, iuran kas, dan Palang Merah Indonesia,” ujar Naek.
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, mengaku sangat pendukung upaya BI Papua dalam penggunaan QRIS, khususnya kepada pelaku UMKM dan pedagang tradisional.
“Ini merupakan suatu hal yang potensial sehingga dengan QRIS dapat memudahkan bank untuk mendapatkan nasabah, dan bisa mengakses bank dengan mudah. Kami juga berupaya supaya segala transaksi bisa dilakukan secara elektronik sesuai perkembangan zaman saat ini,” jelas Awi. (*)
Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top