Follow our news chanel

Previous
Next

BI Papua sebut penggunaan QRIS untuk mendukung PON XX

Pertemuan tahunan Bank Indonesia Perwakilan Papua berlangsung di Jayapura, Kamis (5/12/2019). - IST
BI Papua sebut penggunaan QRIS untuk mendukung PON XX 1 i Papua
Pertemuan tahunan Bank Indonesia Perwakilan Papua berlangsung di Jayapura, Kamis (5/12/2019). – IST

“Jadi ada wacana ke depan bagaimana KONI dapat memberikan honor atlet sebagian dalam bentuk non tunai sehingga dapat digunakan bertransaksi dengan QRIS,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengklaim penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di wilayahnya juga untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020.

BI mensosialisasikan QRIS sejak dini dan lebih maksimal yang diharapkan atlet-atlet, official PON dan lain sebagainya yang datang juga dapat merasakan manfaat dari kanal pembayaran berbasis uang elektronik ini.

“Maka secara otomatis para atlet, official dan lain sebagainya ini akan mulai menggunakan uang non tunai dalam setiap transaksi yang dilakukan,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga, Jumat, (9/1/2020) kemarin.

Baca juga : Surplus Bank Indonesia untungkan target PNBP

Bank Indonesia dirikan BI Corner di tiga sekolah

Loading...
;

Kisah petani binaan Bank Indonesia di Pasar Tani

Menurut Naek, jika memungkinkan BI dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah menggunakan QRIS untuk mendistribusikan sebagian honor atlet sebagai uang non tunai.

“Jadi ada wacana ke depan bagaimana KONI dapat memberikan honor atlet sebagian dalam bentuk non tunai sehingga dapat digunakan bertransaksi dengan QRIS,” ujar Naek menambahkan.

Dia menjelaskan perlu disiapkan dari hulu ke hilir, yakni KONI sebagai hulu dan menyiapkan “merchant-merchant” sebagai hilir, jangan sampai sudah disediakan uang non tunai tapi justru “merchant” yang ada tidak dilengkapi fasilitas pendukung.

Hadirnya QRIS memudahkan pengguna memiliki fleksibilitas dalam memilih alternatif sumber dana atau instrumen pembayaran yang dapat digunakan.

Sebelumnya masing-masing Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) seperti LinkAja, GOPAY, OVO, DANA, ShopeePay dan lainnya memiliki QR Codenya sendiri, kini setiap transaksi oleh PJSP tersebut dapat dilayani hanya dengan satu QR Code yaitu QRIS. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top