Follow our news chanel

BKD Papua akan verifikasi data honorer berdasarkan SK masing-masing OPD

BKD Papua
Foto ilustrasi, Kantor BKD Papua. - Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Kepegawaian Daerah atau BKD Provinsi Papua akan memverifikasi data pegawai honorer berdasarkan surat keputusan Organisasi Perangkat Daerah atau OPD masing-masing pegawai honorer. Verifikasi itu dilakukan untuk menghindari adanya data siluman atau titipan dalam daftar pegawai honorer yang akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

“Intinya, kami tidak menerima tambahan lagi. Ini bukan penerimaan honorer baru, tetapi menyelesaikan masalah [para pegawai honorer lama] yang sudah tertunda bertahun-tahun, yakni pengangkatan [mereka menjadi PNS] ,” kata Kepala BKD Papua, Nicolaus Wenda di Jayapura, Senin (14/9/2020).

Wenda menekankan tenaga honorer yang akan diangkat sebagai PNS adalah pegawai honorer yang benar-benar telah bekerja, baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua maupun di lingkungan pemerintah kabupaten/kota. “Kami akan selektif dalam memverifikasi data honorer, berdasarkan analisis dan peta jabatan pada masing-masing daerah,” tegasnya.

BKD Papua akan melakukan rapat bersama seluruh BKD kabupaten/kota, sekretaris pemerintah kabupaten/kota, dan para kepala daerah untu menyepakati proses pengangkatan para pegawai honorer menjadi PNS. “Rencana dalam minggu ini rapat akan berlangsung. Semoga tidak ada halangan, sehingga masalah [pegawai] honorer itu bisa segera selesai,” ujar Wenda.

Baca juga: Empat tahun berjuang, ribuan tenaga honorer Papua akan diangkat jadi PNS

Ia mengaku pertemuan itu rencananya akan dilakukan pada Selasa (15/9/2020), untuk membahas pengaturan tenaga honorer di kabupaten/kota maupun provinsi. Wenda menyebut, jumlah tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua ada sekitar 552 orang, dan jumlah pegawai honorer di lingkungan pemerintah kabupaten/kota sekitar 15 ribu orang.

“Waktu bertemu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara, Wakil Gubernur Papua menyampaikan permintaan untuk [mengangkat] 20 ribu tenaga honorer [menjadi PNS]. Namun, untuk pastinya akan terjawab setelah ada pertemuan BKD se-Papua, ” katanya.

Loading...
;

Sebelumnya, usai bertemu Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB), di Jakarta pada 4 September 2020 lalu, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, mengatakan Pemprov Papua akan mengangkat 20.000 tenaga honorer di seluruh Papua menjadi PNS. “Kami akan mengangkat 20.000 orang tenaga honorer se-Papua,” kata Wagub Klemen Tinal, seperti dikutip dari siaran pers Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua yang diterima Jubi di Jayapura, Sabtu (5/9/2020).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top