Follow our news chanel

Previous
Next

BKD Papua targetkan verifikasi data honorer rampung Oktober

Demo Honorer Papua
Foto ilustrasi, tenaga honorer provinsi, kabupaten dan kota saat menggelar aksi damai di halaman Kantor Gubernur Papua. - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Kepegawaian Daerah atau BKD Papua menargetkan verifikasi data pegawai honorer untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS akan rampung pada pekan ketiga bulan Oktober 2020. Hal itu dinyatakan Kepala BKD Papua, Nicolaus Wenda di Kota Jayapura, Kamis (24/9/2020).

Wenda menyatakan pihaknya terus memverifikasi seluruh data pegawai honorer yang akan diangkat menjadi PNS. Verifikasi itu dilakukan sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Provinsi Papua, maupun pemerintah kabupaten/kota se-Papua.

“Tadi kami sudah laporkan kepada Wakil Gubernur Papua, terkait apa yang sudah menjadi kesepakatan Pemerintah Provinsi Papua bersama pemerintah kabupaten/kota terkait pengangkatan honorer. Hanya saja, soal jumlah belum ada [kesepakatan]. Kemungkinan, nanti rampung pada minggu ketiga Oktober 2020,” kata Wenda.

Baca juga: BKD se-Papua minta BKN segera tetapkan NIK 561 tenaga honorer

Menurutnya, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua ingin kebijakan yang telah disepakati Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) segera ditindaklanjuti pemerintah daerah di Papua. Semua hasil verifikasi data pegawai honorer itu nantinya akan segera dilaporkan ke Menteri PAN RB dan BKN.

“Jadi kami harap 29 kepala daerah di Papua bisa membantu pimpinan Organisasi Perangkat Daerah mendata tenaga honorer sesuai kebutuhan masing-masing, agar pada minggu ketiga Oktober selesai sehingga bisa diteruskan ke Menteri PAN RB dan BKN. Kami tidak ingin timbul masalah baru dalam pengangkatan honorer. Kami minta setiap pemerintah daerah mendata kebutuhannya secara baik,” ujar Wenda.

Baca juga: BKD Papua akan verifikasi data honorer berdasarkan SK masing-masing OPD

Loading...
;

Kepala BKD Kota Jayapura, Robert J Betaubun mengatakan pihaknya sudah memiliki database tenaga honorer, termasuk daftar nominatif honor mereka. “Kalau data, kami sudah punya, baik manual maupun elektronik, sehingga kalau sewaktu-waktu dibutuhkan kami langsung tampilkan,” katanya.

Betaubun menyatakan jumlah pegawai K2 di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura mencapai 447 orang, sedangnya tenaga honor lainnya mencapai 1.800 orang. Selain itu, di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura juga ada 1.753 pegawai kontrak yang bekerja di Satuan Polisi Pamong Praja serta Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

“Jadi untuk Kota Jayapura, total keseluruhan [pegawai honorer] adalah 4 ribu orang.  Kami sementara sedang melakukan pendataan kebutuhan, sesuai arahan BKN. Tapi kami tetap akan menunggu kuota yang ditetapkan BKN untuk kami. Yang perlu diketahui adalah, biasanya pusat memberikan kuota sesuai dengan kemampuan anggaran,” tutupnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top