Follow our news chanel

BKKBN minta Pemda optimalkan penggunaan Posyandu

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua, Charles Brabar meminta pemerintah kabupaten dan kota di Papua untuk mengoptimalkan penggunaan posyandu.
 
"Posyandu ini bisa dioptimalkan sebagai suatu institusi masyarakat yang benar-benar bisa dimanfaatkan untuk menguatkan keluarga," katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (13/2/2017).
 
Hal ini dikatakannya karena banyak posyandu di kabupaten dan kota kurang dimanfaatkan, sepi, bahkan dialihfungsikan.
 
"Dulu kami (BKKBN-red) punya tenaga penyuluh lapangan di posyandu," ujarnya.
 
Dulu, katanya, BKKBN bersama tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan seperti bidan desa, dokter, dan petugas tidak tetap (PTT) melaksanakan penyuluhan dan penimbangan di posyandu, sehingga tetap ramai.
 
Brabar menambahkan, posyandu sudah digerakkan sejak dulu sebagai revolusi mental.  Sebagai strategi untuk itu, fungsi posyandu harus ditingkatkan kembali.
 
"Posyandu harus mulai dihidupkan dan saya lihat saat ini sudah dimulai karena menyatu dengan program PKK di kabupaten, distrik, hingga kampung," ujarnya.
 
Ditempat terpisah, Maryam yang sehari-hari bertugas di Posyandu Marampa, Kamkey, Abepura mengatakan, masyarakat Kamkey sudah mulai memanfaatkan posyandu sebagai tempat pertama sebelum ke puskesmas atau rumah sakit.
 
“Masyarakat sudah mulai sadar membawa anaknya untuk pemeriksaan di posyandu,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top