Follow our news chanel

Previous
Next

BKPSDM Paniai : belum ada pengumuman resmi hasil CPNS 2018

Kepala BKPSDM Paniai Denci Meri Nawipa (tengah) saat berdiskusi dengan staf - Jubi/Istimewa
BKPSDM Paniai : belum ada pengumuman resmi hasil CPNS 2018 1 i Papua
Kepala BKPSDM Paniai Denci Meri Nawipa (tengah) saat berdiskusi dengan staf – Jubi/Istimewa

Pengumuman mengenai hasil tes CPNS yang beredar melalui media sosial beberapa waktu lalu sama sekali tidak mencantumkan institusi yang jelas,

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Paniai, meminta para peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS formasi 2018 di wilayahnya tidak mempercayai pengumuman hasil tes yang marak beredar di media sosial. BKPSDM  masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

“Yang beredar di media sosial itu berita bohong (hoax), karena hasil tes yang akan dikeluarkan nanti bukan hanya untuk Paniai saja, tetapi seluruh Papua dan Papua Barat yang akan diserahkan ke BKN kemudian diserahkan ke daerah,” kata Kepala BKPSDM Paniai, Denci Meri Nawipa, Minggu (8/12/2019).

Baca jugaPenundaan pengumuman hasil tes CPNS mal administrasi

Hasil CPNS Papua 2018 masih tunggu kajian panselnas

Penerimaan CPNS formasi 2019 tetap dilaksanakan

Loading...
;

Ia menegaskan pengumuman mengenai hasil tes CPNS yang beredar melalui media sosial beberapa waktu lalu sama sekali tidak mencantumkan institusi yang jelas, sehingga masyarakat khususnya para pencari kerja tidak perlu mempercayainya.

“Surat yang beredar itu tanpa kop institusi yang jelas dan tidak ada stempel lembaga. Jadi saya bisa katakan itu berita bohong yang tidak perlu di percayai. Apabila ada pihak-pihak yang menyebarkan dia telah melanggar hukum, penyebar berita palsu,” kata Nawipa menjelaskan.

Ia mengajak seluruh peserta tes seleksi CPNS formasi 2018 di Kabupaten Paniai bersabar menanti pengumuman resmi dari Kemenpan-RB. Apa lagi saat ini seluruh Papua dan Papua Barat masih dalam kajian panitia seleksi nasional (Panselnas). Sedangkan lembagnya  tidak mempunyai kewenangan tanpa ada dasar surat dari Menpan-RB. “Kalau hasil resmi sudah ada, pasti kami akan mengumumkannya. Yang jelas, akan ada peserta yang lulus tes dan ada juga yang tak lolos,” katanya.

Menurut dia sistem penerimaan CPNS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena seluruhnya menggunakan sistem online, mulai dari pendaftaran sampai dengan ujian. Sistem itu diakui tak menimbulkan maslah bagi daerah di luar Papua. Namun, jika diterapkan di Papua sistem menjadi sebuah kendala karena masih minimnya akses internet.

Pemerintah daerah Kabupaten Paniai menghimbau kepada masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan berita yang tidak benar dan belum pasti sumbernya. “Semua pihak harus menjaga kodisi daerah Paniai agar tetap kondusif,” kata Nawipa menegaskan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua Nicolaus Wenda mengatakan ada surat resmi dari Menpan RB hasil CPNS 2018 Papua, isi surat itu menyebutkan terdapat masalah, sehingga saat ini Panselnas sementara mengkaji ulang data kelulusan.

“Ini soal kebijakan 80 persen OAP dan 20 persen non OAP, sehingga semua hasil yang ada harus direkon oleh Panselnas,” kata Wenda.

Selain soal kebijakan 80 20,  terdapat maslah kelengkapan administrasi dan permintaan beberapa kabupaten yang meminta revisi usulan formasi. Hal itu menjadi hambatan, sehingga semuanya harus di data kembali.

“Provinsi Papua masih bagus, hanya karena ada perubahan-perubahan dari pemerintah sehingga ini yang menghambat. Kemungkinan pertengahan November 2019 akan diumumkan,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top