BLKI Minta Pemkab Nduga Beri Modal Usaha Bagi Pencaker

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Nduga, Anning Pong Ritu Didampingi Kepala BLKI Papua, Djoni Naa Menyerahkan Sertifikat Kepada Peserta Pelatihan - Jubi/Alex
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Nduga, Anning Pong Ritu Didampingi Kepala BLKI Papua, Djoni Naa Menyerahkan Sertifikat Kepada Peserta Pelatihan – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – UPTD Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Papua meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nduga untuk terus membekali para pencari kerja potensial yang sudah ikut pelatihan dengan memberikan bantuan modal usaha mandiri dan juga modal kerja.

“Sebagai pimpinan BLKI mengharapkan kepada Pemkab Nduga supaya pelatihan hari ini tidak hanya sampai disini, tetapi dapat memberikan pembinaan secara terus menerus kepada para potensial yang sudah mengikuti pelatihan di balai latihan kerja,” kata Kepala Balai Latihan Kerja dan Industri Papua, Djoni Naa usai menutup pelatihan bagi pencari kerja, di Jayapura, Kamis (13/8/2015).

Untuk mengurangi pengangguran, ujar Djoni, banyak program pemerintah, salah satunya mengadakan pelatihan kerja. Apalagi peluang untuk menjadi pegawai negeri sipil sangat terbatas, sehingga hal ini perlu dilakukan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota.

“Ini dalam rangka memberikan keterampilan dan pengembangan SDM bagi setiap manusia agar bisa terampil dan bekerja suatu kelak jika dibutuhkan suatu perusahaan, atau bisa juga membuka usaha mandiri,” ucapnya.

Ia menilai, jika pelatihan dan pembinaan terus dilakukan terhadap pencari kerja potensial, maka era perdagangan bebas (MEA) yang sudah didepan mata sudah bisa dihadapi denga keterampilan yang dimiliki.

“Kalau kita tidak siap, maka orang dari luar yang akan datang dan kerja di Papua atau di tempat kalian masing-masing,” kata Djoni.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Nduga, Matius Bela mengaku dirinya sangat yakin pencari kerja yang telah mengikuti pelatihan di BLKI, dapat memberikan wawasan dan keterampilan dari masing-masing jurusan serta membuka cakrawala berfikir jernih dalam mencari pekerjaan ataupun berwiraswasta.

Loading...
;

“Melalui pendidikan dan pelatihan inilah pemerintah ingin membekali kepada pemuda, pemudi Kabupaten Nduga keterampilan khusus untuk menjadi pemuda dan pemudi siap pakai dimanapun kalian berada, apalagi di zaman yang penuh persaingan,” kata Matius.

Matius katakan, pembelajaran melalui pelatihan miliki urgensi strategis dalam misi pelayanan tugas pemerintahan, sekaligus membantu pengembangan karier masing-masing dimasa depan.

Namun, lanjutnya, yang perlu disadari substansi dalam pelatihan menuntut kesadaran untuk dapat memproyeksikan diri dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan bagi pelaksanaan otonomi daerah, ternyata berdampak pula pada bergulirnya deregulasi pemerintah yang harus menyesuaikan dengan arah kebijakan optimalisasi pengembangan potensi daerah.

“Untuk wujudkan hal ini jelas memerlukan dukungan sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam berbagai bidang keterampilan,” ucapnya. (Alexander Loen)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top