TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

BMKG ingatkan potensi banjir bandang di sejumlah daerah

Papua, Cuaca Buruk
Cuaca buruk, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengingatkan potensi dampak banjir atau banjir bandang empat provinsi di pulau Jawa. BMKG mengacu prakiraan cuaca berbasis dampak atau Impact Based Forecast.

“Keempat provinsi di Pulau Jawa itu adalah: Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” tulis keterangan BMKG, Kamis, (11/2/2021).

Baca juga : BMKG : waspadai awan cumulonimbus untuk penerbangan awal Februari 

Cuaca buruk, enam rute pelayaran kapal fery di Kupang ditutup 

Cuaca buruk, puluhan truk pengangkut kebutuhan tertahan di pelabuhan

Empat provinsi yang berpotensi terkena banjir pada periode tanggal 10  hingga  11 Februari 2021 dengan status siaga. Lembaga itu mencatat sebagian besar wilayah Indonesia 96 persen dari 342 zona musim saat ini telah memasuki musim hujan. Sebelumnya BMKG sudah diprediksi per Agustus 2020 bahwa puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Januari – Februari 2021 di.

Sejumlah daerah yang akan menghadapi puncak musim hujan itu adalah sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

Berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Dasarian II Februari (sepuluh hari ke-2) pada bulan Februari 2021.

Provinsi atau daerah berpotensi banjir yaitu: sebagian kecil Aceh bagian selatan, sebagian kecil Jambi bagian tengah, sebagian kecil Jawa Barat bagian timur, sebagian Jawa Tengah bagian utara, dan sebagian kecil Jawa Timur bagian timur. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending


Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us