HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

BNPB: 370 Rumah Rusak Akibat Gempa Halmahera

Peta Halmahera - IST
Peta Halmahera – IST

Jakarta, Jubi/Antara – Gempa bumi yang mengguncang Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, sejak 16-21 November menyebabkan 370 rumah rusak, kata Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

“Gempa terjadi secara terus menerus, baik yang berasal dari jalur subduksi di laut maupun di jalur sesar di darat dengan pusat gempa 61 km Timur Laut Ternate,” kata Sutopo, saat dihubungi dari Jakarta, Minggu (22/11/2015).

Bahkan pada 20/11, katanya, terjadi gempa sebanyak 130 kali dalam kurun waktu 16 jam. Gempa yang ditimbulkan tidak besar yaitu kurang dari 5 SR tapi guncangannya cukup kuat di Kecamatan Jailolo.

BNPB: 370 Rumah Rusak Akibat Gempa Halmahera 1 i Papua

Satu orang luka ringan akibat tertimpa bangunan di Desa Guaeria. Kerusakan rumah terjadi di dua desa yaitu Desa Bobanehena dan Desa Galala Kecamatan Jailolo.

”BPBD bersama SKPD terkait telah ke lokasi kejadian untuk melakukan kaji cepat serta penanganan sementara di lokasi terdampak. Bupati Halmahera Barat telah menetapkan SK Tanggap Darurat selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 21 November sampai 6 Desember,” katanya.

Kendala di lapangan adalah lokasi terdampak bencana cukup jauh dan aksesnya sulit dijangkau. Jumlah personel sangat terbatas.

Kebutuhan mendesak adalah logistik berupa permakanan dan bahan bangunan. (*)

Loading...
;

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa