Follow our news chanel

Previous
Next

BNPB siapkan ribuan rumah siap huni untuk korban banjir bandang Sentani

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat berdiskusi dengan Kepala BNPB, Doni Monardo - Jubi/Engel Wally
BNPB siapkan ribuan rumah siap huni untuk korban banjir bandang Sentani 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat berdiskusi dengan Kepala BNPB, Doni Monardo – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat dan Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menyiapkan ribuan rumah siap huni yang akan diberikan kepada para korban bencana banjir bandang yang melanda Sentani, Maret lalu.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan rumah sebanyak 2.300  unit yang dipesan dari luar akan dipaketkan langsung dan dibawa ke Kabupaten Jayapura.

“Rumah dengan menggunakan bata ringan yang memang sudah dipaketkan setiap unit akan dibawa dengan menggunakan jalur laut. Jadi masyarakat hanya tinggal masuk dan tinggal di rumah baru itu,” jelas Bupati Awoitauw di Sentani, Jumat (13/9/2019).

Dikatakan, selama ini Pemerintah Kabupaten Jayapura memang kesulitan menentukan lahan untuk membangun dan menempatkan rumah-rumah bagi warga yang terdampak banjir beberapa waktu lalu.

“Sudah ada koordinasi dengan masyarakat adat dan dewan adat untuk turut membantu dalam penanganan lahan yang akan ditempati oleh warga, termasuk pemilik hak ulayat,” katanya.

Menurut Awoitauw, proses pengiriman serta pemasangan ribuan rumah warga ini akan berlangsung hingga akhir tahun ini.

Loading...
;

“Sebanyak 300 unit di wilayah Kemiri dan sebagian besar di wilayah pesisir Danau Sentani dan sebagian lagi untuk di selatan dan barat Moi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo, mengatakan pihaknya akan terus memberikan dukungan bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura, secara khusus korban bencana banjir bandang Sentani.

“Tidak hanya perumahan saja, tetapi dari sisi peningkatan ekonomi, pendidikan, dan sosial budaya juga menjadi perhatian kami bagi masyarakat di kabupaten jayapura,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top