Follow our news chanel

Bolivia Siap Bangun Kembali Hubungan Diplomatik Dengan AS

La Paz, Jubi/Antara/AFP – Bolivia mencoba untuk membangun kembali hubungan dengan Amerika Serikat (AS) dan saling menukarkan kembali duta besar kedua negara, Presiden Evo Morales mengatakan pada Selasa (Rabu WIB), merujuk pada hubungan Washington dengan Iran dan Kuba yang telah membaik.

“Kami ada di sini sekarang untuk mendapatksan kembali jalur hubungan yang baik dengan AS,” kata Morales saat melakukan rapat di istana presiden menjelang kunjungan bersejarah Menteri Luar Negeri AS, John Kerry ke Havana pada Jumat.

Pemimpin sayap kiri yang merupakan sekutu utama dari komunis Kuba dan sosialis Venezuela, kata diplomat tertinggi AS di Bolivia, yaitu atase bisnis Peter Brennan bahwa ia telah diberitahu tentang keinginan Bolivia untuk bekerja dengannya untuk mengembalikan hubungan dengan penempatan kembali duta besar secara normal.

“Saya tidak bisa mengatakan kapan ini mungkin terjadi tetapi mudah-mudahan kami akan mampu mencapainya,” tambah Brennan.

AS dan Bolivia tidak memiliki duta besar di ibu kota masing-masing sejak 2008.

Morales memulangkan kembali duta besar AS pada 2008 karena menuduh dia bersekongkol dengan oposisi konservatif lokal yang berusaha menggulingkannya dan AS pun membalasnya.

Sejak saat itu, harapan terkait hubungan diplomatik telah meningkat, kata Morales.

Loading...
;

Pada Desember tahun lalu, Presiden AS Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro membuat pengumuman mengejutkan untuk menormalkan kembali hubungan diplomatik antara kedua negara setelah lebih dari 50 tahun terlibat dalam Perang Dingin.

Sementara itu, kedatangan Kerry di Havana dalam rangka menghadiri upacara menaikkan bendera AS yang pertama sejak 1961 di kedutaan yang telah dibuka kembali tersebut.

“Sebelumnya, AS memberitahu kami untuk tidak memiliki hubungan dengan Kuba dan Iran. Sekarang, AS memiliki hubungan baik dengan Kuba dan Iran, sebuah kesepakatan yang mengejutkan,” kata Morales. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top