HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Botol plastik yang terkumpul dari bank sampah di Jayapura akan dikirim ke Malang

Pekerja di bank sampah Jayapura sedang merapikan tumpukan sampah botol plastik yang sudah diisi dalam karung - Jubi/Ramah
Botol plastik yang terkumpul dari bank sampah di Jayapura akan dikirim ke Malang 1 i Papua
Pekerja di bank sampah Jayapura sedang merapikan tumpukan sampah botol plastik yang sudah diisi dalam karung – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Papua, bersiap mengirimkan satu kontainer sampah botol plastik minuman kemasan yang terkumpul dari 14 bank sampah warga Jayapura ke Kota Malang, Jawa Timur. Hal itu dinyatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun Berbahaya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan atau DLHK Kota Jayapura, Simon P Koirewoa.

“Ada bank sampah di Kota Malang yang sudah siap menampung sampah botol plastik yang terkumpul dari 14 bank sampah warga Jayapura. Sampah itu sampah botol plastik minuman dalam kemasan. Tahun ini kami siap mengirimkan satu kontainer sampah botol plastik,” ujar Koirewoa di Jayapura, Selasa (30/4/2019).

Botol plastik yang terkumpul dari bank sampah di Jayapura akan dikirim ke Malang 2 i Papua

Menurut Koirewoa, DLHK Kota Jayapura terus mendampingi bank sampah yang dijalankan para warga, dan mengumpulkan sampah yang telah terpilah-pilah. Koirewoa menyatakan pihaknya juga bersiap untuk mengirimkan sampah karton, kendati volume sampah karton yang terkumpul masih juah dari cukup. “Kami harus berkoordinasi lagi, sampah apa saja yang dibutuhkan,” jelas Koirewoa.

Dijelaskan Koirewoa, sampah botol plastik tersebut didapatkan dari 14 bank sampah unit yang tersebar di empat distrik di Kota Jayapura. Secara rutin, DLHK mengambil sampah yang telah dipilih dan dipilah para warga pengelola 14 bank sampah itu. Setiap bulan, DLHK bisa mengumpulkan 1,2 ton sampah beragam jenis, semuanya telah dipilih dan dipilah bank sampah.

“Setiap dua pekan, kami mendatangi setiap bank sampah di Kota Jayapura, untuk mengambil sampah yang telah dipilih dan dipilah para warga. Kami jemput sampah-sampah itu, kami beli dengan harga Rp1.500 per kilogram. Masing-masing bank sampah sudah memiliki buku tabungan hasil penjualan sampah mereka. Pengambilan hasil penjualan sampah mereka akan dilakukan setiap tiga bulan, atau satu tahun sekali. Kami akan menjual sampah mereka dengan harga Rp 2.000 per kilogram,” kata Koirewoa.

Penanggung jawab Bank Sampah Jayapura, Frengky Nelson Numbery menyatakan pengiriman botol plastik yang telah terkumpul itu masih menunggu pengadaan mesin pres sampah pastik, sehingga Numbery belum bisa memastikan kapan sampah botol plastik itu dikirimkan ke Malang. “Sementara ini kami masih tampung di gudang Bank Sampah Jayapura. Harapan kami, sampah botol plastik itu bisa kami kirimkan tahun ini,” jelas Numbery. (*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa