BPBD Belum Bertindak, Belasan Kampung di Dogiyai Terdampak Banjir

Lembah Hijau Kamuu, Dogiyai, Ilustrasi - Tabloidjubi
Lembah Hijau Kamuu, Dogiyai, Ilustrasi – Tabloidjubi

Jayapura, Jubi – Sedikitnya 18 kampung di Distrik Dogiyai dan Distrik Kamuu Selatan, Kabupaten Dogiyai, terendam bajir sejak beberapa pekan terakhir. Bajir disebabkan meluapnya air kali yang ada di dua distrik itu.

Ketua Fraksi Hanura DPRD Dogiyai, Markus Waine, melalui teleponnya kepada Jubi, Senin (8/8/2016) mengatakan di Distrik Kamuu Selatan terdapat sembilan kampung yang terendam banjir. Di Distrik Dogiyai pun demikian.

“Banjir di Distrik Kamuu Selatan terjadi dua pekan lalu dan bajir di Distrik Dogiyai sepekan lalu. Jumlah Kepala Keluarga yang yang terkena dampak banjir di Distrik Kamuu Selatan kurang lebih 16 ribu KK dan di Distrik Dogiyai kurang 14 ribu KK. Banjir disebabkan meluapnya air kali yang ada di dua distrik itu,” kata Markus Waine.

Meski banjir sudah terjadi hingga dua pekan terakhir namun, kata Waine, hingga kini belum ada perhatian pemerintah setempat kepada warganya.

Padahal warga dua distrik yang terkena bajir kini butuh bahan makanan dan persediaan obat-obatan untuk mencegah kemungkinan timbulnya berbagai penyakit.

“Itu (perhatian) tak terjadi. Pemerintah menganggap itu sudah biasa karena terjadi hampir setiap tahun. Karena itu anggaran APBD setiap diberikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tapi kalau kantor ini tak bertindak, untuk apa dianggarkan. Tutup saja kalau tak memperhatikan masyarakat,” ucapnya.

Terpisah, anggota DPR Papua dari daerah pemilihan Dogiyai dan sekitarnya, Decky Nawipa mengaku dirinya belum mendapat laporan lengkap terkait dampak banjir tersebut. Namun, senada dengan Markus, dia berharap pemerintah segera bertindak karena setiap daerah ada dana bantuan sosial.

Loading...
;

“Inilah tujuannya dana itu jika ada warga terkena bencana alam atau bencana sosial. Kami DPR Papua akan turun lapangan mengecek itu,” ujarnya.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top