BPJamsostek Cabang Jayapura imbau warga tidak tergiur jasa calo

Petugas BPJamsostek Cabang Jayapura saat melayani warga - Jubi/Ramah
BPJamsostek Cabang Jayapura imbau warga tidak tergiur jasa calo 1 i Papua
Petugas BPJamsostek Cabang Jayapura saat melayani warga – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Jayapura, mengimbau warga agar tidak tergiur dengan jasa calo terkait klaim Jaminan Hari Tua di tengah physical distancing dalam menekan penyebaran virus corona.

Prosedur klaim Jaminan Hari Tua yang sebelumnya mengharuskan peserta hadir dan membawa dokumen asli ke kantor BPJamsostek, kini dapat dilakukan sepenuhnya via online yang bisa dilakukan di rumah.

Guna mengakomodir kebutuhan peserta dalam melakukan pencairan dana Jaminan Hari Tua, BPJamsostek Cabang Jayapura menghadirkan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik dengan tetap memperhatikan keamanan data dan dana peserta dari potensi fraud.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk ajukan antrean online secara mandiri,” ujar Kepala Bidang Pelayanan selaku pejabat pengganti sementara Kepala BPJamsostek Cabang Jayapura, Muslika, di Kantor BPJamsostek, Selasa (21/4/2020).

Namun, apabila akses internet tidak memadai, peserta diminta supaya mendatangi kantor BPJamsostek atau melalui call center 175 maupun melalui media sosial resmi BPJamsostek Cabang Jayapura.

“Jangan sampai malah peserta justru terbujuk kemudahan yang ditawarkan calo atau jasa sejenisnya, karena merugikan peserta itu sendiri. Saya tekankan, pengajuan Jaminan Hari Tua itu mudah tanpa pungutan biaya sama sekali,” ujar Muslika.

Loading...
;

Menurut Muslika, praktek calo ini marak karena pengguna jasanya juga banyak, dan pencaloan ini ditenggarai sering terjadi lantaran benyaknya peserta yang enggan mempelajari prosedur atau malu bertanya kepada pihak BPJamsostek.

“Untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan klaim, peserta dapat mengikuti petunjuk yang dapat dilihat melalui youtube bit.ly/LAPAKASIK supaya dana Jaminan Hari Tua tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak bertanggung jawab,” ujar Muslika.

Muslika menambahkan peserta harus memastikan telah memindai dokumen yang dibutuhkan yang dikirimkan malui email, dan memastikan nomor telepon yang digunakan bisa menerima panggilan video untuk kebutuhan verifikasi oleh perugas BPJamsostek Cabang Jayapura.

“Semoga semua peserta dapat memanfaatkan fasilitas Layanan Tanpa Kontak Fisik supaya terhindar dari praktek-praktek yang merugukan diri sendiri dan keluarga,” ujar Muslika.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, mengatakan menjamin tenaga kerja wajib dilakukan oleh perusahaan sesuai Undang-Undang Tenaga Kerja Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 99 Ayat 1, yaitu setiap pekerja atau buruh dan keluarga berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Saya berharap peserta BPJamsostek memanfaatkan Layanan Tanpa Kontak Fisik, supaya dana dan datanya tetap aman. Jangan gunakan jasa calo karena belum tentu keamannya terjamin,” jelas Naa. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top