Follow our news chanel

BPJamsostek Cabang Papua sosialisasikan Paritrana Award 2020 secara virtual

papua, BPJS jamsostek
Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura Djoni Naa saat mengikuti sosialisasi penghargaan jaminna sosial Ketenagakerjaan Paritrana award 2020 tingkat Pemerintah Kota Jayapura dan Kabupaten Biak secara virtual di ruang kerja Wali Kota Jayapura, Papua - Jubi/Ramah

Papua No.1 News Portal

Jayapura, Jubi – BPJamsostek Cabang Papua, Jayapura, mensialisasikan Paritrana Award 2020 tingkat Pemerintah Kota Jayapura dan Kabupaten Biak secara virtual melalui zoom meeting. Agar ikut dalam penilaian untuk mendapatkan Paritrana Award.

“Paritrana atau perlindungan untuk membantu mensejahterakan tenaga kerja dan memastikan pekerja dapat terlindungi,” ujar Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Bali, Nusa Tenggara, Papua, Denny melalui virtual zoom meeting bersama Pemerintah Kota Jayapura di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (22/10/2020).

Dikatakan Denny, anugerah Paritrana award merupakan program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan BPJS Ketenagakerjaan, sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen dan dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Sangat penting untuk memberikan perlindungan dan memastikan perusahaan patuh mendaftarkan tenaga kerjanya ke BPJamsostek. Ini sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan kepada pekerja. Bantuan hanya diberikan kepada pekerja yang sudah terdaftar sebagai peserta di BPJS yang didahulukan,” ujar Denny.

Dalam menentukan pemenang, ada beberapa aspek penilaian yang dilakukan untuk pemerintah daerah dan pelaku usaha. Yaitu aspek kebijakan, peraturan, kinerja, dan hasil wawancara. Sedangkan aspek penilaian untuk pelaku usaha, yaitu kepatuhan, kinerja, dan hasil wawancara.

“Paritrana Award sebelumnya untuk di wilayah Timur diraih oleh Pemerintah Papua Barat. Kami siap membantu pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk mendapatkan Paritrana Award. BPJS dapat bekerja sama dengan pelaku usaha untuk memperluas cakupan kepesertaan. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang rutin membayar iuran,” ujar Denny.

Denny menambahkan, pemerintah melalui BPJamsostek selalu intens membantu pekerja, yaitu memastikan aspek kesehatan, keselamatan, menjaga ekonomi masyarakat, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Loading...
;

“Bantuan Subsidi Upah diberikan kepada pekerja yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp2,4 juta. Di Kota Jayapura ada 30.921 tenaga kerja termaksud pegawai honor yang sudah terdaftar,” ujar Denny.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan Pemerintah Kota Jayapura terus mendorong optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan, bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Apalagi dalam situasi Covid-19 ini, sudah selayaknya kesadaran akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan semakin meningkat.

“Besar harapan saya, dengan adanya penghargaan ini dapat membangun semangat pimpinan OPD dan perusahaan untuk dapat menjamin seluruh pekerja guna mendapatkan perlindungan khususnya perlindungan paripurna dari BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano berharap, demi terpenuhinya poin maksimal dalam pemenuhan kriteria penilaian Kota Jayapura pada ajang penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan Paritrana Award 2020, pihak-pihak terkait untuk dapat bersatu dan bersinergi dalam mensukseskan perhelatan akbar ini. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top