BPJS Kesehatan mulai berlakukan sistem kapitasi di Papua

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan mulai memberlakukan sistem Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), seperti Puskesmas (di luar Puskesmas ibu kota provinsi), klinik pratama, dokter praktek perorangan, dan Rumah Sakit D Pratama.
 
Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Yuni Kendek mengatakan, tahun ini 176 Fasilitas Kesehatan yang ada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Jayapura mengikuti pelaksanaan KBK, kecuali  daerah terpencil dan sangat terpencil. 
 
"Sebenarnya uji coba sudah  sejak  Agustus 2015 dan pada 2016 di Papua diikuti 12 Puskesmas, tahun ini sesuai peraturan diimplementasikan kepada seluruh FKTP di seluruh Provinsi," ujarnya. 
 
Menurutnya implementasi KBKP akan meningkatkan tingkat aksesibilitas dan pemanfaatan pelayanan primer oleh peserta.
 
“Tak hanya dilayani ketika mereka sakit namun juga mendapatkan pelayanan promotif dan preventif, sistem rujukan terselenggaran sesuai indikasi medis dan kompetensi FKTP, serta kesinambungan pelayanan penyakit kronis,” katanya.
 
Untuk implementasi KBK, saat ini BPJS terus melakukan evaluasi pada  fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang ada di wilayah kerjanya.
 
"Setelah Kota Jayapura, kami sudah mengevaluasi pada Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, dan menyusul daerah-daerah lainnya," lanjutnya.
 
Sementara, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan merupakan metode pembayaranyang sudah diterapkan di banyak negara yang menggunakan asuransi sosial.
 
“Sistem pembayaran ini terbukti dapat  meningkatkan performa dari FKTP dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta program,” ujarnya. (*)
 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top