Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

BPPKLN optimis aktivitas ilegal di wilayah perbatasan berkurang

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Dengan telah diaktifkan pelayanan pos lintas batas, Biro Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPPKLN) Provinsi Papua optimistis aktivitas ilegal di wilayah perbatasan Papua-PNG berkurang.

Kepala Biro PPKLN Provinsi Papua, Suzana Wanggai kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (16/3/2017), mengatakan setelah difungsikan, seluruh unsur pengamanan terkait telah ditempatkan. Diantaranya, Custom (bea cukai), Imigrasi dan karantina (pertanian, kesehatan serta ikan).

BPPKLN optimis aktivitas ilegal di wilayah perbatasan berkurang 1 i Papua

"Dengan keberadaan gedung pos lintas batas yang baru, mampu mengurangi bahkan menghilangkan segala tindakan maupun bentuk aktivitas ilegal di wilayah perbatasan," katanya.

Ia menilai, meskipun gedung pos masih terbilang baru namun masih ada beberapa hal dirasa masih kurang. Tapi untuk itu, kami akan terus benahi maupun lengkapi.

"Sebab nanti di pos lintas batas ini pelayanan bukan saja kepada pemegang paspor, tetapi juga kepada pemegang pas lintas batas atau tradisional border card. Karena lintas batas kita ada juga ada masyarakat tradisional yang hanya berkebun dan datang untuk mengunjungi keluarga mereka," ucapnya.

Disamping itu, ujar ia, kedepan Pemerintah Provinsi Papua akan menjajaki kemungkinan pembukaan jalur lintas batas Jayapura – Vanimo dan sebaliknya.

Loading...
;

Menurut ia, bila sesuai rencana, pihaknya akan menggagas pertemuan antara Pemerintah Indonesia dan Papua Nugini dalam waktu dekat. Sebab fasilitas pendukung untuk pembukaan jalur lintas batas antar kedua negara sudah ada. Seperti car wash atau pencucian mobil dari karantina, yang diperuntukan untuk kendaraan dari Papua Nugini.

"Untuk hal ini kami akan mendorong untuk segera bisa duduk bersama membicarakan pembukaan jalur itu," kata Suzana.

Secara terpisah, Yohana Imberi berharap kehadiran pos lintas batas tidak mempersulit mayarakat ketika ingin berkunjung ke wilayah Papua Nugini. Pasalnya hubungan kekerabatan atau kekeluargaan antara masyarakat Papua dan warga PNG masih ada.

"Ya semoga kehadiran pos lintas batas mempermudah langkah kami ketika ingin berkungjung ke sanak saudara di PNG, begitu juga dengan mereka yang dari PNG," kata Yohana. (*) 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top