Follow our news chanel

BPS Kota Jayapura targetkan lima persen sensus penduduk daring

Pegawai BPS Kota Jayapura saat melakukan sensus di Kantor Wali Kota Jayapura. - Jubi/Ramah
BPS Kota Jayapura targetkan lima persen sensus penduduk daring 1 i Papua
Pegawai BPS Kota Jayapura saat melakukan sensus di Kantor Wali Kota Jayapura. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jayapura menyelenggarakan sensus penduduk (SP) 2020 secara daring. SP secara daring ini ditargetkan 5 persen atau 21 ribu orang dari 430 ribu.

“Karena SP online ini harus menyiapkan kondisi perangkat, trafik stabilitas jaringan, jangkauan BPS juga sangat mempengaruhi,” ujar Kepala BPS Kota Jayapura, Sutiyo, di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (17/2/2020).

Menurut Sutiyo, Kota Jayapura sebagai barometernya Papua, maka masyarakat diharapkan semaksimal mungkin bisa menggunakan fasilitas online tersebut.

“Yang dibutuhkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Langkah-langkah pengisian SP online yaitu masuk ke laman sensus.bps.go.id,” ujar Sutiyo.

Kemudian, lanjut Sutiyo, silakan pilih bahasa lalu masukkan NIK dan nomor KK. Isi kode yang tampak di bawah nomor KK, lalu klik “cek beberadaan”. Buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan, lalu klik “buat password” untuk pengamanan data yang sudah dicatatkan di SP daring.

“Masukkan kata sandi yang sudah dibuat, lalu klik “masuk”. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP online, lalu klik ‘mulai mengisi’. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar. Setelah menjawab seluruh pertanyaan, pastikan bahwa status data setiap anggota keluarga sudah update, lalu klik ‘kirim’. Unduh bukti pengisian dan selesai,” jelas Sutiyo.

Loading...
;

Dijelaskan Sutiyo, sensus secara daring memudahkan pihaknya dalam mengelola data penduduk. Selain itu, sensus daring ini juga dapat meminimalkan kesalahan data karena dalam sensus daring, kesalahan data hanya mungkin terjadi pada pihak responden.

“Kalau model lama kan mencatat di kertas, belum tentu catatan rapi dan sebagainya, menulis tanggal lahir saja bisa salah. Jadi, pengelolaan lebih lama. Sensus online juga tidak membebani responden karena pertanyaan yang disiapkan dibuat sederhana, dan diperkirakan dapat selesai dalam waktu kurang lebih lima menit,” jelas Sutiyo.

Sutiyo menambahkan, bagi warga yang belum memilki NIK, petugas BPS melakukan sensus secara wawancara dari 1 sampai 31 Juli 2020 dengan cara petugas sensus mengunjungi rumah masing-masing.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan pelaksanaan SP daring di Kantor Wali Kota Jayapura untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa SP daring 2020 sudah dilakukan.

“Sebagai barometer di Papua yang merupakan wajahnya Papua bagi di Indonesia, saya mengajak warga di Kota Jayapura untuk menyukseskan SP online ini dengan berpartisipasi aktif mengakses laman sensus.bps.go.id,” jelas Tomi Mano. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top